Pengaruh sistem informasi akuntansi, kompetensi sumber daya manusia, dan teknologi informasi terhadap kualitas laporan keuangan berbasis sak EMKM pada UMKM (studi kasus pada UMKM pengolahan telur asin Kabupaten Brebes)

Enha, Arina Norata Wuddina (2022) Pengaruh sistem informasi akuntansi, kompetensi sumber daya manusia, dan teknologi informasi terhadap kualitas laporan keuangan berbasis sak EMKM pada UMKM (studi kasus pada UMKM pengolahan telur asin Kabupaten Brebes). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_Lengkap_1805046054_Arina_Norata_Wuddina_Enha] Text (Skripsi_Lengkap_1805046054_Arina_Norata_Wuddina_Enha)
Skripsi_1805046054_Arina_Norata_Wuddina_Enha.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

UMKM memiliki kelemahan dalam pembuatan laporan keungan, serta tidak adanya pemisah antara kas usaha dan kas pribadi. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan sistem informasi akuntansi, kompetensi sumber daya manusia, dan teknologi informasi terhadap kualitas laporan keuangan Usaha Mikro Kecil Menengah (studi kasus UMKM telur asin Kabupaten Brebes). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer berupa kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah 106.204 pelaku UMKM di Kabupaten Brebes. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 sampel pelaku UMKM di Kabupaten Brebes dengan kriteria tertentu. Teknik pengumpulan data sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji statistik deskriptif, uji validitas instrumen, uji reliabilitas instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis dan koefisien determinan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel sistem informasi akutansi kompetensi sumber daya manusia dan teknologi informasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan UMKM di Kabupaten Brebes.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sistem informasi akuntansi; kompetensi sumber daya manusia; teknologi informasi; kualitas laporan keuangan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.3 Personnel management (Manajemen personalia, SDM)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 29 Nov 2022 12:32
Last Modified: 29 Nov 2022 12:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18093

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics