Pengaruh pemahaman peraturan pajak, tarif pajak, sanksi pajak, dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dengan transaksi e-commerce pada pelaku UMKM Shopeefood : studi kasus di Kecamatan Tembalang Kota Semarang

Zakiyah, Siti Lu'lu'uz (2022) Pengaruh pemahaman peraturan pajak, tarif pajak, sanksi pajak, dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dengan transaksi e-commerce pada pelaku UMKM Shopeefood : studi kasus di Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805046116_Siti_Lu'lu'uz_Zakiyah] Text (Skripsi_1805046116_Siti_Lu'lu'uz_Zakiyah)
Skripsi_1805046116_Siti_Lu'lu'uz_Zakiyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pajak menjadi tulang punggung negara maka dari itu, dana pembangunan negara didominasi dari pendapatan penerimaan pajak. Akan tetapi kepatuhan wajib pajak di Indonesia masih terbilang rendah. Hal ini dibuktikan dengan adanya jumlah tax ratio di Indonesia yang kurang sehat pada tahun 2021 karena masih berada di angka 8,4% padahal pada tahun 2024 target tax ratio sebesar 9,4%. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji secara empiris pengaruh pemahaman peraturan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dengan transaksi e-commerce, untuk menguji secara empiris tarif pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dengan transaksi e-commerce, untuk menguji secara empiris sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dengan transaksi e-commerce, dan untuk menguji secara empiris kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dengan transaksi e-commerce.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan IBM SPSS Statistic 25, dengan jumlah sampel atau wajib pajak UMKM shopeefood di kecamatan Tembalang kota Semarang sebanyak 84 responden yang diolah menggunakan rumus slovin. Pengumpulan data menggunakan data primer melalui penyebaran kuisioner yang kemudian diproses dan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik non-probability sampling dengan jenis convinence sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan kemudahannya menemukan responden untuk dijadikan sampel.
Hasil dari penelitian ini menunjukan variabel pemahaman peraturan pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dengan transaksi e-commerce, variabel tarif pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dengan transaksi e-commerce, variabel sanksi pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dengan transaksi e-commerce, dan variabel kesadaran wajib pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dengan transaksi e-commerce.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemahaman peraturan pajak; Tarif pajak; Sanksi pajak; Kesadaran; Wajib pajak; E-commerce; UMKM; Shopeefood
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 30 Nov 2022 09:09
Last Modified: 30 Nov 2022 09:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18115

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics