Strategi rekrutmen tenaga pendidik dan kependidikan di MI Nurul Ulum Kesuben Kab. Tegal

‘Aisy, Rihhada (2022) Strategi rekrutmen tenaga pendidik dan kependidikan di MI Nurul Ulum Kesuben Kab. Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803036103_Rihhada_Aisy] Text (Skripsi_1803036103_Rihhada_Aisy)
Skripsi_1803036103_Rihhada_Aisy.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Tenaga Pendidik dan Kependidikan merupakan penggerak utama dan penentu keberhasilan instansi sekolah, sehingga tenaga pendidik dan kependidikan menjadi komponen penting dalam sebuah instansi sekolah. Untuk mendapatkan sumber daya manusia yang berkompeten maka diperlukan kegiatan rekrutmen yang dilaksanakan secara matang dan terstruktur. Semakin baik pelaksanaan rekrutmen maka semakin mudah organisasi mendapatkan sumber daya manusia yang memiliki tingkat kompetensi dan kualitas yang baik. Selain itu, tujuan organisasi segera tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi rekrutmen tenaga pendidik dan kependidikan di MI Nurul Ulum Kesuben Kab. Tegal.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan beberapa metode yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian hasil data yang diperoleh dianalisis sehingga data tersebut dapat ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Strategi rekrutmen tenaga pendidik dan kependidikan di MI Nurul Ulum Kesuben sudah cukup bagus dilihat dari pelaksanaan kegiatan rekrutmen tenaga pendidik dan kependidikan yang hanya merealisasikan 4 dari 8 tahap yang telah ditentukan sesuai dengan teori Diana Hertati. (2) Kendala yang dialami saat rekrutmen yakni belum adanya tim rekrutmen yang paten, kurangnya penyebaran informasi rekrutmen sehingga pelamar yang mendaftar minimalis. (3) Tidak linearnya ijazah dengan jabatan yang diampu tenaga pendidik dan kependidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Rekrutmen; Tenaga pendidik; Tenaga kependidikan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.3 Personnel management (Manajemen personalia, SDM)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 30 Nov 2022 09:26
Last Modified: 30 Nov 2022 09:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18136

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics