Korelasi kemampuan literasi digital dengan hasil belajar kognitif siswa di MAN Temanggung pada materi sistem ekskresi
Azzahro, Fathia Zaitun (2022) Korelasi kemampuan literasi digital dengan hasil belajar kognitif siswa di MAN Temanggung pada materi sistem ekskresi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1808086072_Fathia_Zaitun_Azzahro.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Abad XXI menjadikan teknologi dan informasi mempengaruhi setiap aspek kehidupan dan dikenal sebagai transisi dari masyarakat industri ke masyarakat pengetahuan yang memudahkan akses informasi dari seluruh dunia. Perkembangan ini dapat memberikan dampak negatif bagi masyarakat dan lingkungan. Penyebaran informasi yang tidak terkendali di seluruh dunia telah memicu ledakan digital yang tinggi. Akibatnya, masyarakat sulit memilah informasi yang dibutuhkan dan terkadang sulit untuk membedakan antara sumber terpercaya, hoax atau opini. Untuk mempersiapkan siswa abad ke XXI menjadi pelajar yang mampu di masa depan, pendidik di seluruh dunia mempromosikan berbagai keterampilan untuk memenuhi tantangan perkembangan abad ke XXI. Keterampilan yang dimaksud adalah literasi digital yaitu keterampilan individu dalam menggunakan, memproduksi, menganalisis, dan mengkomunikasikan informasi media digital dengan benar dan tepat. Penelitian ini menganalisis ada tidaknya korelasi kemampuan literasi digital dengan hasil belajar kognitif siswa MAN Temanggung pada materi sistem ekskresi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan jenis simple random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian didapatkan bahwa tingkat kemampuan literasi digital siswa MAN Temanggung berada pada kategori tinggi (78,50%) dengan jumlah responden 72 siswa yang terdiri dari empat indikator, yaitu pencarian di internet (79,23%), pandu arah hypertext (77,15%), evaluasi konten informasi (80,27%), dan penyusunan pengetahuan (77,36%). Tidak ada korelasi yang signifikan antara kemampuan literasi digital dengan hasil belajar kognitif siswa MAN Temanggung pada materi sistem vii ekskresi. Kesimpulan ini didukung oleh hasil analisis data yang menunjukkan bahwa nilai sig 0,396 > 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar kognitif; Siswa; Literasi digital; Pembelajaran abad XXI; Sistem ekskresi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 612 Human physiology |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Zara Hafidhany |
Date Deposited: | 02 Dec 2022 09:33 |
Last Modified: | 02 Dec 2022 09:33 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18153 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year