Korelasi kemampuan literasi digital dengan hasil belajar kognitif siswa di MAN Temanggung pada materi sistem ekskresi

Azzahro, Fathia Zaitun (2022) Korelasi kemampuan literasi digital dengan hasil belajar kognitif siswa di MAN Temanggung pada materi sistem ekskresi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808086072_Fathia_Zaitun_Azzahro] Text (Skripsi_1808086072_Fathia_Zaitun_Azzahro)
Skripsi_1808086072_Fathia_Zaitun_Azzahro.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Abad XXI menjadikan teknologi dan informasi mempengaruhi setiap aspek kehidupan dan dikenal sebagai transisi dari masyarakat industri ke masyarakat pengetahuan yang memudahkan akses informasi dari seluruh dunia. Perkembangan ini dapat memberikan dampak negatif bagi masyarakat dan lingkungan. Penyebaran informasi yang tidak terkendali di seluruh dunia telah memicu ledakan digital yang tinggi. Akibatnya, masyarakat sulit memilah informasi yang dibutuhkan dan terkadang sulit untuk membedakan antara sumber terpercaya, hoax atau opini. Untuk mempersiapkan siswa abad ke XXI menjadi pelajar yang mampu di masa depan, pendidik di seluruh dunia mempromosikan berbagai keterampilan untuk memenuhi tantangan perkembangan abad ke XXI. Keterampilan yang dimaksud adalah literasi digital yaitu keterampilan individu dalam menggunakan, memproduksi, menganalisis, dan mengkomunikasikan informasi media digital dengan benar dan tepat. Penelitian ini menganalisis ada tidaknya korelasi kemampuan literasi digital dengan hasil belajar kognitif siswa MAN Temanggung pada materi sistem ekskresi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan jenis simple random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian didapatkan bahwa tingkat kemampuan literasi digital siswa MAN Temanggung berada pada kategori tinggi (78,50%) dengan jumlah responden 72 siswa yang terdiri dari empat indikator, yaitu pencarian di internet (79,23%), pandu arah hypertext (77,15%), evaluasi konten informasi (80,27%), dan penyusunan pengetahuan (77,36%). Tidak ada korelasi yang signifikan antara kemampuan literasi digital dengan hasil belajar kognitif siswa MAN Temanggung pada materi sistem vii ekskresi. Kesimpulan ini didukung oleh hasil analisis data yang menunjukkan bahwa nilai sig 0,396 > 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar kognitif; Siswa; Literasi digital; Pembelajaran abad XXI; Sistem ekskresi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 612 Human physiology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 02 Dec 2022 09:33
Last Modified: 02 Dec 2022 09:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18153

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics