Peran mujahadah terhadap kecerdasan spiritual santri : studi fenomenologi di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mutathowi'in Rejosari Kebonsari Madiun

Fadila, Devia Rahma Hamimatul (2022) Peran mujahadah terhadap kecerdasan spiritual santri : studi fenomenologi di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mutathowi'in Rejosari Kebonsari Madiun. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804046020_Devina_Rahma_Hamimatul_Fadila] Text (Skripsi_1804046020_Devina_Rahma_Hamimatul_Fadila)
Skripsi_1804046020_Devia_Rahma_Hamimatul_Fadila.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran mujahadah terhadap kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mutathowi’in. Fokus penelitian yang dikaji adalah (1) Bagaimana konsep mujahadah di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mutathowi'in Rejosari Kebonsari Madiun, (2) Bagaimana peran mujahadah terhadap kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mutathowi’in Rejosari Kebonsari Madiun.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan mujahadah merupakan kegiatan wajib dan rutin dilakukan meliputi shalat sunah, dzikir, dan doa yang di dalamnya dapat digunakan sebagai proses pengenalan terhadap diri secara lahir dan batin, introspeksi diri, pengaktifkan hati, sehingga muncul harmoni dan ketenangan dalam diri santri. Selanjutnya, santri memiliki kecerdasan spiritual sebagaimana sifat Rasulullah meliputi aspek shiddiq, istiqomah, fathanah, amanah, dan tabligh. Sedangkan beberapa faktor pendukung peran mujahadah ini yakni kerja sama pengurus, guru, dan pengasuh dalam mengkoordinir santri, pemaknaan dan pemahaman santri terhadap mujahadah itu sendiri, dan konsentrasi santri. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi rasa kantuk, tidak konsentrasi, dan malas serta terlambat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mujahadah; Kecerdasan Spiritual; Santri; Fenomenologi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 02 Dec 2022 09:46
Last Modified: 02 Dec 2022 09:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18157

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics