Strategi pemasaran program studi otomatisasi dan tata kelola perkantoran di SMK Bina Negara Gubug

Widiyastuti, Hanik (2022) Strategi pemasaran program studi otomatisasi dan tata kelola perkantoran di SMK Bina Negara Gubug. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803036115_Hanik_Widiyastuti] Text (Skripsi_1803036115_Hanik_Widiyastuti)
Skripsi_1803036115_Hanik_Widiyastuti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini membahas mengenai strategi pemasaran program studi Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Bina Negara Gubug. Kajian pada skripsi ini dilatarbelakangi oleh banyak dari lembaga pendidikan bersaing dalam meningkatkan minat peserta didik untuk mau masuk ke dalam lembaga pendidikannya. Sehingga banyak dari beberapa lembaga sekolah membuat strategi dalam mencapai suatu tujuannya itu. Jika dilihat pada kurun waktu tiga tahun terakhir, siswa yang masuk pada program studi/program keahlian OTKP mengalami penurunan secara signifikan yaitu; pada tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 111 siswa, pada tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 104 siswa, pada tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 59 siswa. Maka dari itu tidak tertinggal pula program studi OTKP untuk melakukan suatu strategi pemasaran pendidikan guna meningkatkan jumlah siswa yang masuk ke dalam program studi OTKP. Kaitannya dengan hal tersebut, pentingnya sekolah memiliki strategi pemasaran yang tepat khususnya pada pembahasan ini pada program studi OTKP.
Penelitian yang dilakukan mengambil dari fokus permasalahan: 1) Bagaimana perencanaan strategi pemasaran program studi otomatisasi dan tata kelola perkantoran di SMK Bina Negara Gubug ? 2) Bagaimana pelaksanaan strategi pemasaran program studi otomatisasi dan tata kelola perkantoran di SMK Bina Negara Gubug ? 3) Bagaimana evaluasi strategi pemasaran program studi otomatisasi dan tata kelola perkantoran di SMK Bina Negara Gubug ?.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan oleh peneliti maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada program studi OTKP terdapat 4 strategi pemasaran yaitu, 1) strategi pemasaran dan tujuan sekolah, strategi ini meliputi analisis SWOT dalam mengembangkan sekolah sesuai dengan tujuannya, 2) strategi pemasaran umum dan menyeluruh, strategi ini meliputi analisis situasi atau melihat situasi terlebih dahulu persaingan yang ada di luar untuk mencapai tujuan dan sasaran, 3) strategi penetrasi pasar, meliputi meningkatkan pemasaran dengan cara mempengaruhi dengan kalimat persuasif, 4) strategi bauran pemasaran, meliputi 7P yaitu; produk, price, place, promotion, people, process dan physical evidence. Keempat strategi tersebut menerapkan fungsi manajemen seperti, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Program studi; Sekolah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 03 Dec 2022 02:02
Last Modified: 03 Dec 2022 02:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18175

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics