Pengembangan instrumen tes model pisa berbantuan Quizizz untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi materi usaha dan energi

Nisak, Nurul Kholifatun (2022) Pengembangan instrumen tes model pisa berbantuan Quizizz untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi materi usaha dan energi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Nurul_Kholifatun_Nisak_1808066020_Skripsi_Lengkap] Text (Nurul_Kholifatun_Nisak_1808066020_Skripsi_Lengkap)
Skripsi_1808066020_Nurul_Kholifatun_Nisak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengembangkan instrumen tes model PISA berbantuan Quizizz untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X SMA N 1 Tayu Kabupaten Pati pada materi usaha dan energi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan prototype instrumen tes model PISA berbantuan Quizizz, menguji validitas dan reliabilitas instrumen, serta mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Model pengembangan adalah Research and Development (R&D) oleh Borg and Gall tahap satu hingga tahap ketujuh. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data melalui tes, wawancara, angket, dan dokumentasi. Prototype instrumen yang dikembangkan terdiri atas kisi-kisi soal, soal tes dengan ranah kognitif C4, C5, C6 dan kompetensi ilmiah PISA, dan kunci jawaban beserta pedoman penskoran. Instrumen tes model PISA berbantuan Quizizz telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda menghasilkan 30 butir soal yang layak digunakan. Reliabilitas instrumen tes yang dikembangkan sebesar 0,8031. Instrumen tes terdiri atas 11 soal sedang, dan 13 soal sukar. Hasil kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X SMA N 1 Tayu Kabupaten Pati secara keseluruhan pada kategori sangat kurang sebesar 45, 58% dan kategori kurang sebesar 54, 42%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: HOTS; PISA; Quizizz; Usaha dan Energi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 03 Dec 2022 07:32
Last Modified: 03 Dec 2022 07:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18205

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics