Pengembangan electronic module (e-module) berorientasi multipel representasi kimia pada materi ikatan kimia

Pranata, Bayu (2022) Pengembangan electronic module (e-module) berorientasi multipel representasi kimia pada materi ikatan kimia. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_Lengkap_1808076013_Bayu_Pranata] Text (Skripsi_Lengkap_1808076013_Bayu_Pranata)
Skripsi_1808076013_Bayu_Pranata.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pandemi COVID-19 menyebabkan peserta didik melakukan pembelajaran mandiri, sehingga sangat membutuhkan media pembelajaran. Kurangnya pemahaman konsep peserta didik pada materi ikatan kimia yang bersifat abstrak menjadi salah satu permasalahan dalam pembelajaran kimia. Pengembangan media belajar berupa e-module berorientasi multipel representasi kimia pada materi ikatan kimia dilakukan untuk mengatasi kurangnya media belajar. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 3 Bangko Pusako dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) model 4-D yang hanya dilakukan sampai tahap develop saja. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan penyebaran instrumen angket uji kelayakan dan kepraktisan. Aspek penilaian produk mencakup syarat didaktik, konstruksi, dan teknis. Data hasil uji kelayakan produk oleh ahli media sebesar 88,23%, uji kelayakan ahli materi sebesar 80% dan uji kepraktisan oleh dua guru mata pelajaran sebesar 80% serta respon kepraktisan oleh peserta didik mendapatkan persentase sebesar 88,66%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-module berorientasi multipel representasi kimia dinyatakan layak dan praktis dimanfaatkan sebagai media belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Electronic Module (E-Module); Multipel Representasi Kimia; Ikatan Kimia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 542 Techniques, procedures, equipment, materials
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 07 Dec 2022 03:09
Last Modified: 07 Dec 2022 03:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18249

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics