Kajian tafsir youtube(analisis media siber dalam etnografi virtual pada channel youtube Quraish Shihab

Wulandari, Qurrotun Ayun (2022) Kajian tafsir youtube(analisis media siber dalam etnografi virtual pada channel youtube Quraish Shihab. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_Lengkap_1804026144_Qurrotun_Ayun_Wulandari] Text (Skripsi_Lengkap_1804026144_Qurrotun_Ayun_Wulandari)
Skripsi_1804026144_Qurrotun_Ayun_Wulandari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kemajuan teknologi dapat merubah interaksi keilmuan Al-Qur’an yang dulunya melalui media konvensional berintegrasi ke media baru, dalam hal ini perkembangan zaman memberikan trobosan baru dalam studi penafsiran Al-Qur’an, salah satunya melalui platform Youtube. Salah satu cendekiawan muslim yang memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai wadah penafsiran Al-Qur’an salah satunya yaitu Quraish Shihab melalui channel Youtubenya.
Berdasarkan latar belakang tersebut, muncullah beberapa pertanyaan dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana ruang media dalam channel Youtube Quraish Shihab? Bagaimana dokumen media dalam channel Youtube Quraish Shihab? Bagaimana objek media dalam channel Youtube Quraish Shihab? Dan bagaimana pengalaman dalam channel Youtube Quraish Shihab?
Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode etnografi virtual dengan analisis media siber yang dipaparkan oleh Rulli Nasrullah dalam bukunya “Etnografi Virtual: Riset Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi di Internet”. Peneliti menggunakan metode etnografi virtual konsensus dalam proses etnografi dan pendekatan teoritisnya itu jelas. Konsensus yang muncul diantaranya: Pertama, studi berpusat pada komunikasi berbasis teks sebagai fokus penelitiannya. Kedua, peneliti sebagai partisipan dalam pengambilan catatan lapangan yang kemudian melakukan riview yang akurat, identifikasi pada pola-pola yang muncul.
Kajian tafsir yang di sampaikan menggunakan media konvensional dengan media baru sangatlah berbeda. Quraish Shihab menyampaiakan kajian tafsirnya menggunakan media konvensional seperti penafsiran pada kitab Tafsir Al-Mishbah komunikasinya hanya bersifat satu arah. Sedangkan ketika Quraish Shihab menyampaikan kajiannya menggunakan media baru seperti penafsiran pada channel Youtubenya, komunikasi yang terjadi bersifat dua arah dimana audiens sebagai konsumen dan juga sebagai produsen. Selain itu, kajian yang disampaikan menggunakan media baru lebih variatif sehingga audiens dapat memahami lebih mudah maksud yang disampaikan.
Penelitian ini menyimpulkan, level-level pada analisis media siber yang dipaparkan oleh Rulli Nasrullah dapat membaca penafsiran di channel Youtube Quraish Shihab khususnya pada level ruang media (media space) dan dokumen media (media archive). Selain itu, peneliti menemukan bahwa metodologi penafsiran yang digunakan Quraish Shihab di kitab Tafsir Al-Mishbah dengan penafsiran di channel Youtubenya memiliki beberapa perbedaan seperti pada aspek metode penafsiran. Walaupun demikian, beberapa metodologi yang digunakan juga memiliki kesamaan dengan kitab Tafsir Al-Mishbah seperti pada aspek sistematika dan nuansa penafsiran. Selain itu, Sumber penafsirannya mengacu pada wahyu dan sesekali menggunakan logika untuk memperjelas tafsirannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tafsir di Media Baru; Etnografi Virtual; Channel Youtube Quraish Shihab.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 07 Dec 2022 04:29
Last Modified: 07 Dec 2022 04:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18253

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics