Terapi ruqyah ayat-ayat Al-Qur’an menurut K.h. Bisri Musthofa dalam tafsi<>r al-ibri<z

Saputra, Ridik Aji (2022) Terapi ruqyah ayat-ayat Al-Qur’an menurut K.h. Bisri Musthofa dalam tafsi<>r al-ibri<z. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_Lengkap_1804026170_Ridik_Aji_Saputra] Text (Skripsi_Lengkap_1804026170_Ridik_Aji_Saputra)
Skripsi_1804026170_Ridik_Aji_Saputra.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan kitab yang tidak ada habisnya untuk dibahas, termasuk pembahasan dalam skripsi ini yaitu membahas terapi ruqyah dengan ayat-ayat Al-Qur’an. Berangkat dari sebuah fenomena kian maraknya tren praktik terapi ruqyah di masyarakat. Skripsi ini akan membahas lebih mendalam melalui kitab tafsi<r Al-Ibri<z yaitu sebuah kitab tafsir yang mempunyai corak adab al-Ijtima’i dimana penafsiran kitab ini menyesuaikan dengan kondisi sosial kemasyarakatan.
Penelitian ini berangkat dari pertanyaan apa saja ayat yang menjelaskan terapi ruqyah dalam tafsi<r Al-Ibri<z? dan bagaimana penafsiran K.H. Bisri Musthofa atas ayat-ayat terapi ruqyah?. Sesuai dengan pertanyaan diatas penelitian ini bertujuan untuk megetahui ayat yang menjelaskan terapi ruqyah dalam tafsi<r Al-Ibri<z beserta penafsiran K.H. Bisri Musthofa atas ayat tersebut.
Model penelitian dalam skripsi ini yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan sumber data yang berbasis kepustakaan (library research). Sumber rujukan utama dalam penelitian ini yaitu kitab Al-Ibri>z Lil Ma'rifat Tafsi>r Al-Qur'an Al-Azi>z yang ditulis oleh K.H. Bisri Musthofa. Kemudian dari data yang didapatkan akan dianalisis menggunakan teknik analisis isi (content analysis).
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa menurut K.H. Bisri Musthofa ayat-ayat Al-Qur’an tidak hanya sebagai ruqyah bagi penyakit rohani melainkan terdapat pula penyembuhan penyakit jasmani yang merujuk pada ayat-ayat Al-Qur’an. Dimana dalam penafsirannya K.H. Bisri Musthofa menjelaskan khasiat suatu bacaan yang dapat menjadi media pengobatan untuk penyakit-penyakit tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Terapi Ruqyah; Tafsi>r Al-Ibri>z; Bisri Musthofa.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 07 Dec 2022 04:47
Last Modified: 07 Dec 2022 04:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18255

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics