Efektivitas model pembelajaran ICARE terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran matematika kelas VIII MTsN 3 Brebes

Aini, Maulida Zulfa (2022) Efektivitas model pembelajaran ICARE terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran matematika kelas VIII MTsN 3 Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808056055_Maulida_Zulfa_Aini] Text (Skripsi_1808056055_Maulida_Zulfa_Aini)
Skripsi_1808056055_Maulida_Zulfa_Aini.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi yang perlu diperlajari dalam pembelajaran matematika. Namun, kemampuan tersebut masih kurang dikembangkan pada pembelajaran di sekolah, sehingga kemampuan berpikir kreatif siswa masih belum optimal. Salah satu faktor ketidakoptimalan kemampuan berpikir kreatif siswa adalah model pembelajaran yang digunakan guru. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran ICARE terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII MTsN 3 Brebes. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Data pada penelitian ini diambil dengan teknik tes yang kemudian dianalitis dengan independent sample t-test. Hasil penelitian ini yaitu kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, yang ditandai dengan hasil posttest kelas ekperimen lebih tinggi dari hasil posttest kelas kontrol. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa model pembelajaran ICARE efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran matematika kelas VIII MTsN 3 Brebes.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Berpikir kreatif; Model ICARE; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 07 Dec 2022 08:03
Last Modified: 07 Dec 2022 08:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18262

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics