Studi komparasi model pembelajaran Discovery Learning dengan Discovery Learning berbasis Entrepreneurial Science Thinking (ESciT) terhadap hasil belajar dan life skill siswa pada materi asam basa

Damayanti, Novia Sohfi (2022) Studi komparasi model pembelajaran Discovery Learning dengan Discovery Learning berbasis Entrepreneurial Science Thinking (ESciT) terhadap hasil belajar dan life skill siswa pada materi asam basa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_Lengkap_1808076029_Novia_Sohfi_Damayanti] Text (Skripsi_Lengkap_1808076029_Novia_Sohfi_Damayanti)
Skripsi_1808076029_Novia_Sohfi_Damayanti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan antara model pembelajaran Discovery Learning dengan Discovery Learning berbasis Entrepreneurial Science Thinking (ESciT) terhadap hasil belajar dan life skill siswa pada materi asam basa di MA Matholi’ul Huda Pucakwangi. Penelitian ini termasuk penelitian komparasi. Metode yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MA Matholiul Huda Pucakwangi. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen 2. Data penelitian diperoleh melalui metode tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan model pembelajaran Discovery Learning dengan Discovery Learning berbasis ESciT terhadap hasil belajar dan life skill siswa. Hal tersebut dibuktikan melalui uji Mann-Whitney untuk hasil belajar nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,003 < 0,05, sedangkan life skill nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang menyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Asam Basa; Discovery Learning; Entrepreneurial Science Thinking (ESciT); Hasil Belajar; Life Skill
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 542 Techniques, procedures, equipment, materials
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 08 Dec 2022 02:04
Last Modified: 08 Dec 2022 02:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18272

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics