Analisis pengaruh pariwisata terhadap pendapatan asli daerah provinsi Jawa Tengah pada tahun 2016-2020

Yulika, Yulika (2022) Analisis pengaruh pariwisata terhadap pendapatan asli daerah provinsi Jawa Tengah pada tahun 2016-2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805026101_Yulika] Text (Skripsi_1805026101_Yulika)
Skripsi_1805026101_Yulika.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Sektor pariwisata merupakan sektor yang berpengaruh memberikan manfaat dari segi ekonomi, sosial, dan budaya. Serta salah satu sektor penyumbang devisa terbesar di Indonesia. Sektor ini dapat berkontribusi dan sebagai katalisator pembangunan, seperti pada Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sehingga penelitian ini bertujuan untuk memahami dampak dari sektor pariwisata terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Provinsi Jawa Tengah. Dengan variabel yang digunakan yaitu Pendapatan Asli Daerah (PAD), Jumlah Penduduk, Jumlah Pengunjung Obyek Wisata atau Wisatawan, Jumlah Hotel dan Akomodasi Lainnya, dan Jumlah Obyek Wisata.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik dokumentasi. Pada penelitian data yang digunakan adalah data sekunder dengan sumber dari website BPS Jawa Tengah. Data tersebut adalah data time series dan rentang waktu antara tahun 2016 sampai tahun 2020. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis linear berganda. Sedangkan pengolahan data digunakan program IBM SPSS versi 24.
Hasil dari penelitian adalah: 1) Jumlah penduduk berpengaruh signifikan terhadap pendapatan asli daerah di Jawa Tengah. 2) Jumlah pengunjung obyek wisata atau wisatawan tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan asli daerah di Jawa Tengah. 3) Jumlah hotel dan akomodasi lainnya berpengaruh signifikan terhadap pendapatan asli daerah di Jawa Tengah. 4) Jumlah obyek wisata tidak berpengaruh positif terhadap pendapatan asli daerah di Jawa Tengah. Jumlah penduduk, jumlah pengunjung obyek wisata atau wisatawan, jumlah hotel dan akomodasi lainnya, dan jumlah obyek wisata secara bersama mempengaruhi pendapatan asli daerah Jawa Tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Asli Daerah (PAD); Pariwisata; Jawa Tengah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 339 Macroeconomics and related topics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 07 Dec 2022 09:44
Last Modified: 07 Dec 2022 09:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18282

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics