Manajemen pendidikan life skill di Pondok Pesantren Kebon Jambu Al-Islamy Babakan Ciwaringin Cirebon

Kurniasih, Ajeng Ayu (2021) Manajemen pendidikan life skill di Pondok Pesantren Kebon Jambu Al-Islamy Babakan Ciwaringin Cirebon. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703036092_AJENG_AYU_KURNIASIH] Text (SKRIPSI_1703036092_AJENG_AYU_KURNIASIH)
1703036092_Ajeng ayu kurniasih_full skripsi - Ajeng Ayu.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang manajemen pendidikan life skill kewirausahaan di Pondok Pesantren Kebon Jambu Al- Islamy Babakan Ciwaringin Cirebon. Latar belakang penelitian ini yaitu membekali keterampilan yang disebut dengan vokasional skill oleh sebab itu dengan adanya keterampilan yang sudah dibekali akan menjadi pegangan untuk kehidupan mendatang. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan tentang: perencanaan, pelaksananaan, dan evaluasi.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif, metode pengumpulan data: wawancara, observasi, dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi. Analisis data dalam penelitian ini berupa teknik analisis deskriptif, yaitu metode analisis data yang berupa kata-kata, gambar dan bukan angka.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) perencanaan pendidikan life skill kewirausahaan di Pondok Pesantren Kebon Jambu Al- Islamy pada aspek pencatatan yang belum dilakukan selain dengan jadwal kegiatan harian, mingguan, serta bulanan. (2) pelaksanaan pendidikan life skill kewirausahaan di Pondok Pesantren Kebon Jambu Al- Islamy melalui pelatihan keterampilan berwirausaha dan mempraktekkannya secara langsung, sehingga tertanamlah jiwa kewirausahaan pada para santri. (3) evaluasi pendidikan life skill kewiarausahaan di Pondok Pesantren Kebon Jambu Al- Islamy dalam evaluasi kegiatan kewirausahaan kecakapan hidup sudah efektif, karena belum ada indikator-indikator untuk proses pengevaluasian. Sedangkan saran untuk menanggulangi masalah tersebut adalah mengadakan koordinasi semua pengurus serta pengasuh untuk memperbaiki masalah di atas agar dapat tercatat dengan maksimal serta mengetahui proses pencapaian hasil dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen pendidikan; life skill; kewirausahaan; vokasional
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 03 Dec 2022 03:41
Last Modified: 03 Dec 2022 03:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18298

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics