Analisis SOAR dalam menentukan strategi pengembangan bisnis pada industri kreatif busana muslim Kota Semarang (studi kasus pada industri kecil kasay hijab Indonesia)

Widyaningsih, Pratama (2022) Analisis SOAR dalam menentukan strategi pengembangan bisnis pada industri kreatif busana muslim Kota Semarang (studi kasus pada industri kecil kasay hijab Indonesia). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_Lengkap_1805026045_Pratama_Widyaningsih] Text (Skripsi_Lengkap_1805026045_Pratama_Widyaningsih)
Skripsi_1805026045_Pratama_Widyaningsih.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pertumbuhan industri kreatif saat ini didominasi oleh tiga sektor utama yaitu kuliner, fashion, dan kriya. Perkembangan industri kreatif fashion busana muslim di kota Semarang cukup beragam, mulai dari sisi industri kecil, industri menengah, hingga industri besar. Dalam pengembangan industri kecil yang ada di kota Semarang ditemukan beberapa masalah terkait strategi pengembanganya. Beberapa industri kecil hanya memfokuskan pengembangan pada sistem pemasarannya saja, sedangkan dalam mengembangkan bisnis diperlukan evaluasi strategi secara berkala untuk menghadapi berbagai kompetitor sejenis yang ada dimasa mendatang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan analisis SOAR dalam menentukan strategi pengembangan bisnis pada industri kreatif busana muslim di kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis SOAR. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder dari proses observasi dan wawancara dengan beberapa pihak informan terkait.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan analisis SOAR dalam strategi pengembangan bisnis Kasay Hijab Indonesia menghasilkan evaluasi strategi yaitu (1) pentingnya menciptakan produk terbaru, dengan mengikuti trend, baik itu trend model maupun warna yang saat ini sedang menjadi buruan banyak orang, (2) update penggunaan sosial media (instagram story setiap hari) sebagai sarana pemasaran (penjualan) gamis, (3) menjaga kepercayaan pelanggan dengan mengeluarkan produk gamis dengan kualitas unggulan (4) menjaga dan memperbaiki manajemen karyawan agar tidak mengahambat kemajuan usaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis SOAR; Industri kreatif; Industri Kecil; Strategi Pengembangan Bisnis
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 340 Law > 343 Military, tax, trade, industrial law
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 07 Dec 2022 04:56
Last Modified: 07 Dec 2022 04:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18310

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics