Pengaruh dimensi religiusitas masyarakat santri desa Kajen kecamatan Margoyoso kabupaten Pati terhadap minat menabung (studi kasus pada BPRS Artha Mas Abadi)
Nikmah, Zahrotun (2013) Pengaruh dimensi religiusitas masyarakat santri desa Kajen kecamatan Margoyoso kabupaten Pati terhadap minat menabung (studi kasus pada BPRS Artha Mas Abadi). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
092411191-Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (341kB) | Preview
092411191-Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (50kB) | Preview
092411191-Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (97kB) | Preview
092411191-Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (69kB) | Preview
092411191-Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (484kB) | Preview
092411191-Bab 5.pdf - Accepted Version
Download (14kB) | Preview
092411191-Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (18kB) | Preview
Abstract
Religiusitas merupakan faktor yang paling penting dalam mendukung kuatnya suatu budaya dalam perilaku kehidupan para pembeli, karena keputusan pembelian sebuah produk dapat dipengaruhi oleh dimensi religiusitas, seperti keyakinan, ritualistik, pengalaman, dan konsekuensial. Implikasinya bahwa pemasar akan mempertimbangkan religiusitas konsumen untuk menentukan segmentasi yang sah untuk pemasaran produk dan layanan mereka. Masyarakat pesantren dengan potensi yang dimilikinya, layak menjadi lokomotif dalam perkembangan bagi lembaga keuangan syariah. Yang sebenarnya produk ekonomi syariah adalah kekayaan kaum pesantren, yang digali dari fiqh muamalah dan menjadi ciri khas pesantren.
Rumusan masalah dalam penelitian pertama apakah dimensi religiusitas masyarakat santri Desa Kajen Kec. Margoyoso, Kab. Pati berpengaruh terhadap minat menabung di BPRS Artha Mas Abadi. Dan kedua seberapa besar pengaruh dimensi religiusitas masyarakat santri Desa Kajen Kec. Margoyoso, Kab. Pati terhadap minat menabung di BPRS Artha Mas Abadi.
Metodologi yang digunakan adalah : Pertama, penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Kedua, objek penelitian adalah dimensi religiusitas masyarakat santri Desa Kajen, Kecamatan Margoyoso Pati terhadap minat menabung di BPRS Artha Mas Abadi. Adapun subjek penelitian adalah Masyarakat Santri Desa Kajen yang menjadi nasabah tabungan di BPRS Artha Mas Abadi sebagai unit yang dianalisis. Sampel penelitian sebanyak 100 responden dengan menggunakan sample random sampling. Ketiga, metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan interview. Teknis analisis data melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, uji normalitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian yang diolah dengan program SPSS versi 16.00 for windows menunjukkan dimensi religiusitas masyarakat santri Desa Kajen Kecamatan Margoyoso Kab. Pati berpengaruh terhadap minat menabung di BPRS Artha Mas Abadi sebesar 66,0%, dibuktikan dengan uji statistik menunjukkan bahwa variabel independen (religiusitas) terhadap variabel dependen (minat menabung) adalah signifikan. Ini ditunjukkan dengan lebih besarnya t hitung dengan t table (13,801> 1,9845). Besarnya pengaruh dinotasikan oleh R2 adalah 660 yang artinya variabel minat menabung dapat dijelaskan oleh variabel dimensi religiusitas 66,0 % dan sisanya 34,0 % dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = -0,635 + 0,605 X
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Religiusitas Masyarakat; Santri; Minat Menabung |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > 60202 - Ekonomi Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 05 Apr 2014 01:55 |
Last Modified: | 05 Apr 2014 01:55 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1832 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year