Penanaman nilai-nilai toleransi beragama di Universitas Wahid Hasyim Semarang

Falah, Khizanul (2022) Penanaman nilai-nilai toleransi beragama di Universitas Wahid Hasyim Semarang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tesis_1803018023_Khizanul Falah_Lengkap] Text (Tesis_1803018023_Khizanul Falah_Lengkap)
1803018023_Khizanul Falah_Lengkap Tugas Akhir - Khizanul Falah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui toleransi beragama mahasiswa Universitas Wahid Hasyim. Penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan antropologis, psikologis, dan sosiologis bersandar pada wawancara mendalam, observasi, dan FGD (Forum Discussion Group). Partisipan meliputi 3 dosen dan 12 mahasiswa Universitas Wahid Hasyim Semarang. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman melalui tiga tahap: data reduction, data display, and drawing conclusion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa toleransi beragama mahasiswa mencakup dua: inter-agama dan antar-agama. Adapun nilai-nilai toleransi beragama di Universitas Wahid Hasyim Semarang yakni pengakuan dalam keyakinan dan beribadah, persamaan, keadilan, hidup berdampingan, menepati janji, belas kasih dan kebaikan, keamanan dan kedamaian, serta kelembutan dalam dialog. Penanaman nilai-nilai toleranis beragama Universitas Wahid Hasyim Semarang memiliki keunikan dengan perguruan tinggi yang lainnya. Keunikan tersebut ialah adanya Aswaja Center dalam pusat penanaman nilai-nilai toleransi beragama. Penanaman nilai-nilai toleransi beragama di kampus tersebut beragam cara diantaranya dengan pembelajaran mata kuliah aswaja, kegiatan kemahasiswaan, kegiatan ngaji virtual, dan kegiatan yang diselenggarakan pada Aswaja Center Universitas Wahid Hasyim Semarang. Toleransi beragama ini memiliki implikasi pada saling mengerti dan menghargai pada sesama.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Toleransi beragama; Antar-agama; Inter-agama
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.28 Islam and other believes
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86108 - Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Dec 2022 00:56
Last Modified: 12 Dec 2022 00:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18353

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics