Problem siswa pada penguasaan materi Pendidikan Agama Islam di masa pandemi

Ulya, Dini Himmatul (2022) Problem siswa pada penguasaan materi Pendidikan Agama Islam di masa pandemi. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tesis_1803018019_DINI HIMMATUL ULYA] Text (Tesis_1803018019_DINI HIMMATUL ULYA)
1803018019_Dini Himmatul Ulya_lengkap tugas akhir - Dini Himmatul Ulya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pembahasan berbagai problem pembelajaran Pendidikan Agama Islam selama pandemi banyak dibicarakan, namun belum banyak membicarakan problem penguasan materi pembelajaran PAI. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis problem penguasaan siswa dalam materi Pendidikan Agama Islam di masa pandemi Covid-19. Analisis mencakup: deskripsi problem penguasaan materi siswa, faktor-faktor pemicu problem, dan implikasinya terhadap ketuntasan kurikulum dan kualitas kompetensi. Penelitian kualitatif ini bersandar pada data wawancara dan dokumentasi. Partisipan riset melibatkan 30 siswa dan 6 guru SDI Luqman al-Hakim, SDN Model Terpadu, dan SDN Sobontoro I Bojonegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problem penguasaan siswa pada materi Pendidikan Agama Islam di masa Pandemi berupa rendahnya pemahaman aspek kognitif, kurang terjangkaunya aspek afektif dan aspek psikomorik. Bersamaan dengan itu, faktor-faktor penyebab munculnya problem penguasaan siswa pada materi PAI mencakup: faktor psikologis, lingkungan sosial dan lingkungan non sosial. Sejalan dengan itu, problem penguasaan siswa pada materi PAI tersebut berdampak pada problem ketuntasan kurikulum dan kualitas kompetensi siswa. Hasil penelitian ini merekomendasikan pentingnya dukungan infrastruktur lembaga, guru dan orangtua di rumah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Problem belajar siswa; Penguasaan materi; Pembelajaran masa pandemi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86108 - Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Dec 2022 01:09
Last Modified: 12 Dec 2022 01:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18354

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics