Pendidikan agama anak blandong di Banyu Urip, Wono Semi, Banjarejo, Blora

Hartono, Edi Sudi (2022) Pendidikan agama anak blandong di Banyu Urip, Wono Semi, Banjarejo, Blora. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tesis_1803018004_Edi Sudi Hartono _Lengkap] Text (Tesis_1803018004_Edi Sudi Hartono _Lengkap)
1803018004_Edi Sudi Hartono_Tesis Full - Edi Sudihartono.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kemiskinan dan Pendidikan mempunyai keterkaitan satu sama lain. Salah satu isu pembangunan yang sangat kompleks. Kemiskinan dipandang sebagai dampak dari pembangunan dan bagian dari masalah yang terjadi dalam pembangunan. Kemiskinan ditandai dengan adanya pengangguran, keterbelakangan, dan ketimpangan antar wilayah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pendidikan agama pada keluarga blandong, faktor-faktor yang memicu keberlangsungan pendidikan agama pada keluarga blandong, dan implikasi pendidikan agama terhadap keberagamaan anak keluarga blandong. Penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi ini ditopang tiga jenis data yang meliputi: data wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan agama dilakukan oleh keluarga blandong melalui berbagai metode atau cara dalam mendidik anaknya. Metode yang digunakan dalam mendidik anak blandong masih menggunakan metode tradisi yang masih berjalan di kalangan masyarakat Banyu Urip. Seperti tegas deso, takiran, dan budaya yang berkembang di masyarakat tersebut. Media yang digunakan dalam pembelajaran masih bersifat klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya pendidikan agama anak ada anggapan dari orang tua tentang pentingnya agama Islam yaitu pekerjaan yang berat, tempat yang angker, masa lampau, dan halusinasi yang tinggi, hal tersebut membuat orang tua blandong mendorong anaknya untuk belajar pendidikan agama Islam, dengan adanya pendidikan agama Islam maka anak mempunyai pengetahuan dasar tentang agama Islam, anak mendapat pengetahuan dasar akhlak, Anak memiliki pengetahuan dasar tentang sosial. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwasannya pendidikan agama Islam sangat penting bagi anak blandong dan para orang tua bersemangat dalam mendidik anaknya agar menjadi anak yang sholeh dan berbakti kepada orang tua.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan agama Islam; Anak blandong; Kemiskinan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86108 - Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Dec 2022 01:31
Last Modified: 12 Dec 2022 01:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18356

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics