Penanaman nilai-nilai Islam nusantara di Fakultas Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Semarang

Abdurrochman, Abdurrochman (2022) Penanaman nilai-nilai Islam nusantara di Fakultas Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Semarang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tesis_1703018086_Abdurrochman_Lengkap] Text (Tesis_1703018086_Abdurrochman_Lengkap)
1703018086_ABDURROCHMAN_Tesis - Rohman Elracka.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap penanaman nilai-nilai Islam nusantara pada mahasiswa Universitas Wahid Hasyim Semarang. Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus ini bersandar pada data dokumentasi, observasi, dan wawancara. Anaslisis data menggunakan tiga Langkah Miles & Huberman yang mencakup: reduksi data, display data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penanaman nilai-nilai Islam Nusantara dilakukan melalui tiga strategi yakni materi pembelajaran, proses perkuliahan di kelas dan proses pembiasaan di luar kelas. Nilai-nilai Islam Nusantara tersebut mencakup nilai inklusif/terbuka, nilai kemanusiaan, nilai kesetaraan, nilai kerukunan, dan nilai toleransi. Urgensi penanaman nilai-nilai Islam nusantara di perguruan tinggi Islam Swasta tersebut dipicu dua faktor yaitu internal dan eksternal. Implikasi penanaman nilai-nilai Islam Nusantara terhadap kehidupan keberagamaan yakni terciptanya kehidupan kampus multicultural yang rukun, humanistic, damai, dan toleran, baik di kalangan mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan. Hasil penelitian merekomendasikan pentingnya integrasi nilai-nilai Islam nusantara dalam kurikulum perguruan tinggi untuk mewujudkan kehidupan moderasi beragama dan berbangsa di Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Islam nusantara; Perguruan tinggi Islam; Toleransi; Kampus multikultural
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.267 Islam and arts
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86108 - Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Dec 2022 02:38
Last Modified: 12 Dec 2022 02:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18358

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics