Pendidikan karakter religius dan peduli sosial dalam pembelajaran masa pandemi di SMP PGRI 5 Semarang

Lusiana, Eva (2021) Pendidikan karakter religius dan peduli sosial dalam pembelajaran masa pandemi di SMP PGRI 5 Semarang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tesis_1703018010_Eva Lusiana_Lengkap] Text (Tesis_1703018010_Eva Lusiana_Lengkap)
1703018010_Eva Lusiana_Lengkap Tugas Akhir - Eva Lusiana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pendidikan karakter religius dan peduli sosial dalam pembelajaran masa pandemi.Tulisan ini merujuk pada 3 (tiga) rumusan masalah, yaitu: Bagaimana kurikulum yang digunakan dalam pendidikan karakter religius dan peduli sosial dalam pembelajaran masa pandemi, Bagaimana proses pendidikan karakter religius dan peduli sosial dalam pembelajaran masa pandemi, dan Bagaimana hasil pendidikan karakter religius dan peduli sosial dalam pembelajaran masa pandemi. Penelitian ini menggunakan diskriptif kualitatif dengan menggunakan perolehan data melalui observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kurikulum tertulis yang digunakan dalam pendidikan karakter religius dan peduli sosial adalah sesuai dengan silabus dan rencana pelaksanaan. Proses pembelajaran masa pandemi ini dilakukan secara tatap muka terbatas dan pembelajaran jarak jauh. Penyampaian materi pada pembelajaran tatap muka terbatas belum maksimal dikarenakan waktu yang singkat, sehingga belum dapat menerapkan metode yang direncanakan secara menyeluruh. Proses yang dilakukan dalam pendidikan karakter religius dan peduli sosial adalah dengan pembiasaan yang sudah diterapkan di sekolah. Hasil belajar dalam ranah kognitif,afektif,dan psikomotorik sudah cukup baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter religius; Peduli sosial; Pembelajaran masa pandemi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86108 - Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Dec 2022 03:23
Last Modified: 12 Dec 2022 03:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18367

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics