Peran guru pendidikan agama Islam dalam menanggulangi kenakalan remaja di SMA/SMK Comal Pemalang

Amaliyah, Ani Ihpa (2021) Peran guru pendidikan agama Islam dalam menanggulangi kenakalan remaja di SMA/SMK Comal Pemalang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tesis_1703018087_Ani_Ihpa_Amaliyah] Text (Tesis_1703018087_Ani_Ihpa_Amaliyah)
Tesis_1703018087_Ani_Ihpa_Amaliyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Tesis Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang. Tesis ini membahas tentang peran guru pendidikan agama Islam sebagai pembimbing spiritual dalam menanggulangi kenakalan remaja di SMA/SMK Comal Pemalang, peran guru pendidikan agama Islam sebagai pendidikreligion dalam menanggulangi kenakalan remaja di SMA/SMK Comal Pemalang.,peranguru pendidikan agama Islam sebagai konseling dalam menanggulangi kenakalan remaja di SMA/SMK Comal Pemalang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam sebagai pembimbing spiritual, sebagai pendidik religion, sebagai pendidik konseling /konseli dalam menanggulangi kenakalan remaja di SMA/SMK Comal Pemlang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif data dalam bentuk hasil wawancara, dokumentasi dan observasi.
Metode yang digunakan dengan menggunakan metode secara online dan manual secara online yaitu dengan internet, artikel,. dan jurnal. kemudian yang secara manual yaitu dengan menggunakan buku, jurnal dan karya ilmiah. Hasil penelitian adanya bentuk kenakalan remaja gaduh dikelas, mengendarai motor tanpa SIM , membolos sekolah, tidak masuk sekolah tanpa keterangan, tidak memakai baju seragam dan atribut lengkap, berkelahi, berkata tidak sopan dichet grup wa , merokok, berdandan berlebihan, Peran guru sebagai pendidik guru memberikan pendidikan dan menanamkan karakter sesuai dengan Al- Qur’an dan Hadits dan juga sesuai kurikulum nasional tingkat SMA. Sebagai pembimbing tentu memberikan bimbingan dan arahan kejalan yang di ridhai Allah SWT, melalui pemahaman Al- Qur’an dan Hadits tentang akhlaqulkarimah., sebagai pengajar melakukan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti luhur, sebagai teladan tentu harus memberikan contoh yang baik yaitu dalam perkataan dan perbuatan serta tingkah laku dalam kehidupan sehari – hari, menjalankan shalat 5 waktu, menasehati, pembinaannya: menghafal surat – surat pendek, shalat berjama’ah, dan kajian kerohanian.

ABSTRACT:
Thesis of the Department of Islamic Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Walisongo Semarang. This thesis discusses the role of Islamic religious education teachers as spiritual guides in tackling juvenile delinquency in Comal Pemalang SMA/SMK, the role of Islamic religious education teachers as religion educators in tackling juvenile delinquency in Comal Pemalang SMA/SMK., The role of Islamic religious education teachers as counseling in tackling juvenile delinquency in SMA/SMK Comal Pemalang. This study aims to determine the role of Islamic religious education teachers as spiritual guides, as religion educators, as counseling/counseling educators in tackling juvenile delinquency in SMA/SMK Comal Pemlang. This type of research is qualitative research, using a qualitative approach to data in the form of interviews, documentation and observations.
The method used is by using online methods and online manuals, namely the internet, articles,.and journals. then manually by using books, journals and scientific works. The results of the study showed that juvenile delinquency was noisy in class, riding a motorbike without a driver's license, skipping school, not attending school without information, not wearing uniforms and complete attributes, fighting, saying impolitely in the wa group, smoking, dressing up excessively, the role of the teacher as teacher educator provide education and instill character in accordance with the Qur'an and Hadith and also according to the national high school curriculum. As a mentor, of course, providing guidance and direction to the path that is blessed by Allah SWT, through understanding the Qur'an and Hadith about morality, as a teacher carrying out Islamic Religious Education lessons and noble character, as an example of course you must set a good example, namely in words and actions and behavior in daily life, praying 5 times a day, advising, coaching: memorizing short letters, praying in congregation, and studying spirituality.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Peran guru; Pendidikan agama Islam; PAI; Kenakalan remaja; SMA; SMK
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86108 - Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 12 Dec 2022 03:31
Last Modified: 12 Dec 2022 03:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18369

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics