Peran pemerintah desa dalam merealisasikan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM) di Desa Gajah Kecamatan Gajah Kabupaten Demak tahun 2018-2020

Salma, Kafiya Sitta (2022) Peran pemerintah desa dalam merealisasikan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM) di Desa Gajah Kecamatan Gajah Kabupaten Demak tahun 2018-2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705026046_Kafiya_Sitta_Salma] Text (Skripsi_1705026046_Kafiya_Sitta_Salma)
Skripsi_1705026046_Kafiya_Sitta_Salma.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Desa Gajah Kecamatan Gajah Kabupaten Demak sebagai desa dengan tipologi desa persawahan memiliki keterbatasan dalam modal bercocok tanam dan hasil yang tidak seimbang, sedangkan ketika masyarakat ingin beralih menjadi pedagang dan pengusaha kecil mendapatkan kesulitan dalam mendapatkan modal, oleh karena itu peran pemerintah Desa melalui program PNPM Mandiri dengan kegiatan pinjaman bergulir diharapkan mampu mengatasi hal tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran pemerintah desa dalam merealisasikan PNPM mandiri di Desa Gajah Kecamatan Gajah Kabupaten Demak?; dan 2) Apa Saja Faktor Penghambat Pemerintah Desa dalam Merealisasikan PNPM Mandiri di Desa Gajah Kecamatan Gajah Kabupaten Demak?.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dengan sumber data primer yaitu dokumen dan wawancara dengan pemerintahan desa, pengelola PNPM Mandiri dan masyarakat Desa Gajah Kecamatan Gajah Kabupaten Demak dan sumber data sekunder berupa buku-buku, jurnal dan artikel yang terkait dengan PNPM mandiri dan pemberdayaan masyarakat. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian di analisis menggunakan kualitatif deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan: pertama, peran pemerintah desa dalam merealisasikan PNPM mandiri di Desa Gajah Kecamatan Gajah Kabupaten Demak pertama dengan ikut terlibat dalam perencanaan dengan memilih salah satu anggota pemerintah desa untuk menjadi ketua dalam program dan mengarahkan pimpinan PNPM untuk bekerja berdasarkan tugas pokok PNPM Mandiri, kedua pemerintah berperan dalam merealisasikan pelaksanaan dengan mengadakan kerjasama, memberikan motivasi agar pinjaman-pinjaman dapat bergulir kepada masyarakat, berkoordinasi, serta membantu jika terjadi permasalahan dalam kelompok tersebut, ketiga merealisasikan pengawasan atau Evaluasi PNPM Mandiri di dengan mengontrol kerja PNPM dan memberikan bimbingan kepada pengurus PNPM karena pada dasarnya pengawasannya langsung melekat kepada ketua kelompok. Kedua, Faktor penghambat pemerintah desa dalam merealisasikan PNPM Mandiri di Desa Gajah Kecamatan Gajah Kabupaten Demak yaitu 1) Terbatasnya dana dari pemerintah; 2) Pengembalian pinjaman yang kurang lancar; 3) Pelatihan berkala menurunkan antusias dan semangat masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemerintah desa; Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri; PNPM mandiri
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 14 Dec 2022 09:24
Last Modified: 14 Dec 2022 09:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18373

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics