Pengaruh personal selling, self control, dan religiusitas terhdap perilaku impulsive buying : studi kasus mahasiswa UIN Walisongo angkatan 2018 konsumen kosmetik di Elisha Mart

Istiqomah, Ummi (2022) Pengaruh personal selling, self control, dan religiusitas terhdap perilaku impulsive buying : studi kasus mahasiswa UIN Walisongo angkatan 2018 konsumen kosmetik di Elisha Mart. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805026029_Ummi_Istiqomah] Text (Skripsi_1805026029_Ummi_Istiqomah)
Skripsi_1805026029_Ummi_Istiqomah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya perubahan gaya hidup masyarakat khususnya mahasiswi UIN Walisongo Semarang angkatan 2018 yang mulai memperhatikan penampilan diri sebagai penunjang memasuki dunia kerja serta didukung oleh banyaknya brand kosmetik yang terus mengeluarkan produk terbarunya. Di Elisha Mart sebagai pusat perbelanjaan kosmetik di daerah Ngaliyan memberikan kemudahan dan pilihan bagi konsumennya yang suka berbelanja. Hal ini yang menjadi penyebab seorang konsumen akan lebih mudah berperilaku konsumtif dan melakukan pembelian terhadap suatu produk tanpa adanya perencanaan atau diluar dugaan sebelumnya (impulsive buying).
Penelitian ini adalah penelitian deskripsi kuantitatif dengan analisa regresi linier berganda. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling sebanyak 93 sampel mahasiswi UIN Walisongo Semarang. Skala yang digunakan adalah skala personal selling, self control, religiusitas, dan impulsive buying.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa nilai sig.variabel personal selling sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai thitng sebesar 5,496 lebih besar daripada ttabel 1,990 (5,496 > 1,990). Sedangkan nilai sig. variabel self control sebesar 0,092 > 0,05 dengan nilai thitung sebesar 1,701 lebih kecil daripada ttabel 1,990 (1,701 < 1,990). Adapun pada variabel religiusitas diketahui bahwa nilai sig. sebesar 0,019 < 0,05 dengan nilai thitung sebesar 2,397 lebih besar daripada ttabel 1,990 (2,397 > 1,990). Maka dapat disimpulkan bahwa variabel personal selling dan religiusitas secara parsial berpengaruh terhadap variabel impulsive buyingdan variabel self control tidak berpengaruh secara parsial terhadap variabel impulsive buying.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Personal selling; Self control; Religiusitas; Impulsive buying; Mahasiswa; Kosmetik
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 14 Dec 2022 09:36
Last Modified: 14 Dec 2022 09:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18402

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics