Dakwah melalui dzikir oleh Habib Abdul Hadi Bin Zain Baraqbah di Majelis Maulid wa Dzikir Sholawat Rokhmat Al Muhibbin al Muqorrobin Slawi Kab. Tegal

Hidayat, Ferri (2020) Dakwah melalui dzikir oleh Habib Abdul Hadi Bin Zain Baraqbah di Majelis Maulid wa Dzikir Sholawat Rokhmat Al Muhibbin al Muqorrobin Slawi Kab. Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601016103_FERRI_HIDAYAT] Text (SKRIPSI_1601016103_FERRI_HIDAYAT)
1601016103_ Ferri Hidayat_full skripsi - FERRY HIDHAYAT(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini disusun oleh Ferri Hidayat (NIM 1601016103) “Dakwah Melalui Dzikir oleh Habib Abdul Hadi bin Zain Baraqbah di Majelis Maulid Wa Dzikir Sholawat Rokhmat Al Muhibbin Al Muqorrobin Slawi Kab.Tegal”. Program Strata 1 Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang Tahun 2020.
Dzikir merupakan sebuah aktivitas untuk mengingat dan mendekatkan diri kepada Allah SWT agar mendapatkan ketenangan hati dalam menjalani kehidupan. Kegiatasan dzikir di Majelis Maulid Wa Dzikir Sholawat Rokhmat Al Muhibbin Al Muqorrobin menjadi salah satu bentuk metode dakwah yang dilakukan oleh Habib Abdul Hadi bin Zain Baraqbah, melalui amalan dzikir beliau membimbing para jamaahnya untuk senantiasa dzikrullah mengingat, memohon ampunan dan pengharapan kepada-Nya, dengan berdzikir menjadi sarana dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan bagi para jamaah majelis.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomonologi. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa bagaimana dakwah melalui dzikir oleh Habib Abdul Hadi bin Zain Baraqbah di Majelis Maulid Wa Dzikir Sholawat Rokhmat Al Muhibbin Al Muqorrobin.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dzikir menjadi kegiatan dakwah yang dilakukan oleh Habib Abdul Hadi bin Zain Baraqbah di Majelis Maulid Wa Dzikir Sholawat Rokhmat Al Muhibin Al Muqorrobin, karena dalam mencapai tujuan dakwah haruslah memenuhi unsur-unsur dakwah. Peran seorang da’i dalam pelaksanaan dzikir sholawat rokhmat hanyalah menyeru, mengajak serta membimbing kepada mad’u para jamaah untuk selalu berdzikir kepada Allah SWT. Dakwah yang dilakukan oleh Habib Abdul Hadi bin Zain Baraqbah menggunakan dzikir sebagai metode dakwahnya, bahwa melakukan dzikir mampu merubah jamaah menjadi lebih baik dalam menjalankan ketaatan beribadah kepada Allah SWT, Perubahan itulah yang menjadi keberhasilan dakwah oleh Habib Abdul Hadi bin Zain Baraqbah karna Dzikir mampu menghantarkan jamaah dalam menambahkan rasa iman dan taqwa kepada Allah SWT sehingga mendapatkan keberkahan dalam menjalani kehidupan di dunia dan akhirat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Dzikir; Sholawat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 13 Dec 2022 08:04
Last Modified: 13 Dec 2022 08:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18410

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics