Pengaruh pengetahuan, lingkungan, religiusitas dan minat masyarakat terhadap keputusan menggunakan produk perbankan syariah di Kecamatan Sumber Harta Sumatera Selatan
Muarif, M Ihsan Al (2022) Pengaruh pengetahuan, lingkungan, religiusitas dan minat masyarakat terhadap keputusan menggunakan produk perbankan syariah di Kecamatan Sumber Harta Sumatera Selatan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1805036006_M_Ihsan_Al_Muarif.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, lingkungan, religiusitas, dan minat masyarakat terhadap keputusan menggunkan produk bank syariah dikecamatan Sumber Harta Sumater Selatan. Peneliti menguji variabel-variabel tersebut yang diduga berpengaruh terhadap keputusan masyarakat dalam menggunakan produk perbankan syariah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang memiliki empat variabel indevenden yaitu pengetahuan, lingkungan, religiusitas, dan minat. Dan keputusan menggunakan produk perbankan syariah sebagai variabel devenden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Sampel yang digunakan penelitian ini sebanyak 100 responden dengan teknik porpusive sampling sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Kemudian teknik analis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 22. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa secara uji individual (uji Ttest) Pengetahuan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunkan produk perbankan syariah karena nilai t hitungnya 0,729 lebih kecil dari t tabel 1,985, lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunkan produk perbankan syariah, karena nilai t hitungnya 2,497 lebih besar dari t tabel 1,985, religiusitas tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan produk perbankan syariah, karena nilai t hitung 0,600 lebih kecil dari t tabel 1,985, dan minat berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan produk perbankan syariah, karena nilai t hitungnya 2,389 lebih besar dari t tabel 1,985. Berdasarkan (uji Ftest) bahwa pengetahuan, lingkungan, religiusitas, dan minat memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan produk perbankan syariah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Produk perbankan; bank syariah; Pengetahuan; Lingkungan; Religiusitas; Minat; Keputusan |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1) |
Depositing User: | Zara Hafidhany |
Date Deposited: | 14 Dec 2022 09:40 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 09:40 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18421 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year