Pengaruh pengetahuan, lokasi, dan tingkat pendidikan masyarakat Kelurahan Gajah Sakti Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau terhadap keputusan menjadi nasabah bank syariah

Widyandari, Rizky (2022) Pengaruh pengetahuan, lokasi, dan tingkat pendidikan masyarakat Kelurahan Gajah Sakti Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau terhadap keputusan menjadi nasabah bank syariah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805036035_Rizky_Widyandari] Text (Skripsi_1805036035_Rizky_Widyandari)
Skripsi_1805036035_Rizky_Widyandari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pada tahun 2020 Bank Indonesia melakukan survey literasi ekonomi syariah hasilnya, indeks literasi syariah 16,3% artinya, dari 100 penduduk Indonesia terdapat 16 orang yang memiliki pemahaman terhadap ekonomi syariah. Pengetahuan memberikan pengaruh terhadap keputusan masyarakat dalam memilih jasa atau produk untuk pemenuhan kebutuhan. Lokasi juga menjadi faktor yang mempengaruhi karena jarak antara rumah nasabah dan lokasi bank yang dekat memberikan kemudahan untuk nasabah menjangkau bank syariah. Selanjutnya, pendidikan berpengaruh terhadap cara pikir individu dalam mengambil keputusan.
Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari pengetahuan, lokasi, dan tingkat pendidikan terhadap keputusan menjadi nasabah di bank syariah. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data kuesioner yang disebar ke masyarakat Kelurahan Gajah Sakti dengan menggunakan metode analisis linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengetahuan dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah. Sementara itu, tingkat pendidikan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan; Lokasi; Tingkat pendidikan; Bank syariah; Keputusan; Nasabah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 16 Dec 2022 07:30
Last Modified: 16 Dec 2022 07:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18431

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics