Pengaruh pengetahuan tentang perbankan syariah, brand awareness, dan preceived quality terhadap keputusan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang menabung di bank syariah

Bahraini, Salsabila (2022) Pengaruh pengetahuan tentang perbankan syariah, brand awareness, dan preceived quality terhadap keputusan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang menabung di bank syariah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805036076_Salsabila_Bahraini] Text (Skripsi_1805036076_Salsabila_Bahraini)
Skripsi_1805036076_Salsabila_Bahraini.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besaran pengaruh pengetahuan tentang perbankan syariah, brand awareness, dan perceived quality terhadap keputusan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang menabung di bank syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Data yang digunakan yaitu data primer dari penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo angkatan 2018-2021 yang berjumlah 2006 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa program studi D3 Perbankan Syariah, S1 Ekonomi Islam, S1 Perbankan Syariah, S1 Akutansi Syariah, dan S1 Manajemen. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode probability sampling dengan teknik simple random sampling. Besaran sampel dicari dengan rumus slovin dan memperoleh jumlah 95 mahasiswa. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan tentang perbankan syariah, brand awareness, dan perceived quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang menabung di bank syariah, dengan masing-masing pengaruh positif sebesar 0,326, 0,438, dan 0,370. Arah positif tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi pengetahuan tentang perbankan syariah, brand awareness, dan perceived quality yang dimiliki mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo, keputusan menabung di bank syariah yang dimiliki mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo juga semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan; Perbankan syariah; Brand awareness; Perceived quality; Keputusan menabung; Mahasiswa; Bank syariah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 16 Dec 2022 07:32
Last Modified: 16 Dec 2022 07:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18432

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics