Strategi marketing mix umroh Samira Travel Wonogiri di masa pandemi

Pramesti, Dyah Putri (2021) Strategi marketing mix umroh Samira Travel Wonogiri di masa pandemi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of DYAH PUTRI PRAMESTI_1701056004_Skripsi Lengkap] Text (DYAH PUTRI PRAMESTI_1701056004_Skripsi Lengkap)
1701056004_Dyah Putri Pramesti_ Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian ini membahas mengenai analisis strategi marketing mix pada Samira Travel Wonogiri di Masa Pandemi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi marketing mix yang diterapkan pada pemasaran biro perjalanan umroh di masa pandemi. Metode penelitian ini dilakukan dengan kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, wawancara dan observasi. Informan penelitian ini adalah pemimpin, mitra serta calon jamaah Samira Travel Wonogiri.
Hasil penelitian ini pertama strategi marketing mix yakni strategi produk, harga, tempat, promosi, SDM/ orang, bukti fisik memperkuat peningkatan volume penjualan dan berdampak pada peningkatan jumlah jemaah. Strategi produk dengan memberikan variasi produk dapat menyesuaikan dengan kemampuan dari masyarakat. Strategi harga yang kompetitif dan sesuai dengan fasilitas dan pelayanan yang diberikan. Promosi dilakukan secara konsisten membuat biro ini semakin dikenal di masyarakat luas. Strategi sumber daya manusia/ mitra yang ramah dan memberikan pelayanan yang maksimal kepada jamaah memberikan kesan tersendiri kepada jamaah. Strategi lokasi pada Samira Travel Wonogiri terletak di tengah kota dengan akses transportasi yang mendukung memudahkan jamaah dalam mencari lokasi biro. Strategi bukti fisik yang diberikan oleh biro ini adalah dengan adanya gedung/ kantor yang jelas alamatnya sehingga menjadikan jamaah semakin yakin bahwa biro ini terpercaya dan ditambah adanya bukti penghargaan yang menyatakan bahwa biro samira menjadi biro dengan jamaah terbanyak tahun 2019-2020 menjadi daya tarik tersendiri kepada masyarakat. Kedua dampak dari penerapan marketing mix melalui kolaborasi antar komponen mampu meningkatkan volume penjualan, hal ini terlihat dari peningkatan jumlah penjualan dari tahun ke tahun.
Strategi marketing mix yang di terapkan oleh Samira Travel Wonogiri sudah sesuai dengan etika serta praktek marketing yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, yakni dengan menerapkan etika bertutur kata dengan lembut dan sopan serta penerapan prinsip keadilan, kejujuran, bertanggung jawab, dapat dipercaya, profesional serta transparansi dan sesuai dengan nilai-nilai syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Marketing Mix; Umroh; Masa Pandemi; Biro travel
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 76201 - Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 30 Dec 2022 10:26
Last Modified: 30 Dec 2022 10:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18522

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics