Makna mabrur bagi jemaah pasca haji Perumnas Krapyak Semarang

Alfiani, Reni (2021) Makna mabrur bagi jemaah pasca haji Perumnas Krapyak Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of RENI ALFIANI_1701056009_Skripsi Lengkap] Text (RENI ALFIANI_1701056009_Skripsi Lengkap)
1701056009_RENI ALFIANI_LENGKAP TUGAS AKHIR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Memahami arti mabrur sesungguhnya perlu kiranya di ketahui secara tepat oleh umat muslim khususnya jemaah pasca haji yang kemudian mengimplementasikan kemabrurannya dengan benar saat telah kembali ke tanah air. Hal itu merupakan proses belajar dalam nilai-nilai kebudayaan. Beberapa anggapan jemaah pasca haji menyebutkan bahwa haji mabrur adalah haji yang mendatangkan perubahan yang lebih baik dimana tidak hanya antara dirinya kepada Tuhan-nya yang disebut dengan hablun minallah, namun perubahan yang lebih baik tersebut juga antara makhluk Tuhan-nya yang kemudian disebut hablun minanas. Dewasa ini haji banyak dilaksanakan oleh kelompok masyarakat khususnya perkotaan sebagai gaya hidup, sejatinya kemabruran haji bukanlah ia yang bisa berkali-kali menunaikan ibadah haji hingga menjadi gaya hidup, karena perlu diketahui bahwa haji mabrur tidak sekedar haji yang sah, bisa saja hajinya sah dan gugurlah kewajiban hajinya, namun belum tentu ibadah haji yang sah tersebut mabrur dan diterima oleh Allah swt. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pemaknaan haji mabrur bagi jemaah pasca haji di Perumnas Krapyak Semarang dan untuk mengetahui implementasi haji yang mabrur pada jemaah pasca haji di Perumnas Krapyak Semarang.
Jenis dan metode penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa jemaah pasca haji perumnas Krapyak Semarang memaknai mabrur sebagai perjalanan spritual dalam meraih keridhaan Allah swt sehingga menimbulkan motivasi serta semangat untuk beribadah dan memberi kemanfaatan untuk masyarakat sekitar. Adapun jemaah pasca haji mengimplementasikan kemabruran haji diwujudkan melalui kegiatan keagamaan dan sosial seperti shalat berjamaah di masjid, menjalankan ibadah sunnah seperti sholat malam serta puasa senin dan kamis, menolong orang yang sedang kesusahan seperti sakit dan terkena bencana, juga infaq subuh harian yang dimanfaatkan untuk sedekah dhuafa, wakaf sosial, sedekah yatim, dan sedekah sumbangan pembinaan pendidikan (spp) untuk anak yatim.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mabrur; Jemaah Pasca Haji
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 76201 - Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 30 Dec 2022 10:27
Last Modified: 30 Dec 2022 10:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18534

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics