Pengembangan instrumen performance assessment berbasis keterampilan proses sains pada praktikum dasar kimia analitik

Rahmawati, Endah (2022) Pengembangan instrumen performance assessment berbasis keterampilan proses sains pada praktikum dasar kimia analitik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503076041_Endah_Rahmawati] Text (Skripsi_1503076041_Endah_Rahmawati)
Skripsi_1503076041_Endah_Rahmawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Sebagian besar penilaian dalam kegiatan praktikum hanya terpusat pada aspek pengetahuan saja, sementara itu penilaian terhadap kinerja selama kegiatan praktikum belum dapat teramati dengan baik dikarenakan adanya kendala pada instrumen penilaian yang digunakan dalam penilaian praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik instrumen performance assessment berbasis keterampilan proses sains pada praktikum dasar kimia analitik dan mengetahui kualitas instrumen performance assessment yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan mengacu pada langkah-langkah penyusunan instrumen yang dikemukakan oleh Mardapi yang terdiri dari 5 tahapan yaitu menentukan spesifikasi instrumen, menulis instrumen, menentukan skala instrumen, menentukan sistem penskoran dan menelaah instrumen. Karakteristik dari produk instrumen yang dikembangkan ini yaitu mengacu pada 3 aspek keterampilan proses sains yang terdiri dari mengamati, menggunakan alat, dan berkomunikasi. Hasil uji validasi menunjukkan bahwa instrumen performance assessment yang dikembangkan memperoleh rata-rata validitas sebesar 64,29% yang termasuk dalam kategori valid.

Abstract:
Most of the assessments in practicum activities are only centered on the knowledge aspect, while performance appraisals during practicum activities cannot be observed properly due to constraints on the assessment instruments used in practicum assessments. This study aims to determine the characteristics of the performance assessment instrument based on science process skills in the basic analytical chemistry practicum and to determine the quality of the performance assessment instrument developed. This study uses the development method with a reference to the steps in preparing the instrument proposed by Mardapi, which consists of 5 stages, namely determining instrument specifications, writing instruments, determining instrument scales, determining assessment systems and reviewing instruments. The product characteristics of the instruments developed refer to 3 aspects of science process skills, which consist of observing, using tools, and communicating. The results of the validation test show that the performance assessment of the instrument developed has an average validity of 64.29%, which is included in the valid category.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Performance assessment; Keterampilan; Proses sains; Praktikum dasar; Kimia analitik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 543 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 27 Dec 2022 08:54
Last Modified: 27 Dec 2022 08:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18547

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics