Perilaku sadomasokisme dalam perspekstif hukum pidana Islam

Rudin, Ahmad Akbar (2022) Perilaku sadomasokisme dalam perspekstif hukum pidana Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1902026050_Ahmad Akbar Rudin] Text (Skripsi_1902026050_Ahmad Akbar Rudin)
Skripsi_1902026050_Ahmad Akbar Rudin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan zaman yang begitu pesat mengakibatkan semakin banyaknya perilaku-perilaku manusia yang beraneka ragam. Salah satunya adalah ketidakpuasan secara seksualdalam rumah tangga. Berbagai cara dilakukan agar dapat memperoleh kepuasan berhubungan seksual sepenuhnya. Salah satu caranya ialah dengan melakukan sadomasokisme atau kegiatan seksual yang memasukkan proses menyiksa pasangan. Dapat dikatakan sadmasokisme karena di dalamnya terdapat pemberian rasa sakit (sadisme) dan penerimaan rasa sakit (masokisme).
Berhubungan dengan hal ini, penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang bagaimana analisis perilaku sadomasokisme dalam perspektif hukum pidana Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian hukum yang bersifat deskriptif analisis dengan pendekatan konseptual. Jenis penelitian berupa studi pustaka (library research). Terdapat beberapa sumber yaitu, sumber primer dan sumber skunder. Teknik analisis yang digunakan deskriptif analisis.
Simpulan dari penelitian ini yaitu Dari sudut pandang ruang lingkup keluarga sadomasokisme sangatlah dilarang. Walaupun pasangan saling menyukai, hal tersebut tidak bisa dilakukan karena menimbulkan kerusakan. Akan tetapi bagi istri yang tidak menyukai hal tersebut dapat menggugat cerai. Dari sudut pandang hukum pidana Islam, sadomasokisme menimbulkan mafsadat (kerusakan). Mafsadat (kerusakan) tersebut dapat berupa fisik maupun nonfisik. Kerusakan fisik yaitu timbulnya luka di bagian tubuh manusia dimana hal tersebut menimbulkan rasa sakit. Selain itu, terdapat kerusakan nonfisik yaitu mengenai mental, hal tersebut dapat menimbulkan traumatis yang dapat mengganggu kehidupan sehinggan dalam hukum pidana islam dikenakan hukuman ta’zir.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sadomasokisme; Sadisme seksual; Masokisme seksual; Hukum pidana Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 27 Dec 2022 08:42
Last Modified: 27 Dec 2022 08:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18553

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics