Hubungan Progam Hafalan Al-Qur’an Juz 30 dan Pelaksanaan Shalat Dhuha dengan Akhlaqul Karimah dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas IV MI AD-Dainuriyah Tembalang Semarang
Maulana, M. Irsyad (2022) Hubungan Progam Hafalan Al-Qur’an Juz 30 dan Pelaksanaan Shalat Dhuha dengan Akhlaqul Karimah dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas IV MI AD-Dainuriyah Tembalang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1703096100-M. Irsyad Maulana-Lengkap - irsyad maulana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan progam hafalan Juz 30 dan pelaksanaan shalat dhuha dengan akhlaqul karimah dalam pembelajaran aqidah akhlak kelas IV MI Ad-Dainuriyah Tembalang Semarang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif yaitu analisis regresi berganda dan statistika deskriptif dengan pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis berganda untuk menguji hipotesis yang telah diajukan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Terdapat hubungan yang signifikan dan sangat lemah antara progam hafalan Al-Qur’an Juz 30 (X1) dengan akhlaqul karimah (Y). Hal ini berdasarkan nilai dari uji partial (uji t) dengan nilai thitung sebesar 2.776 > t tabel sebesar 1,99773. Kemudian pada uji korelasi (R²) diperoleh nilai 0,014 jika dipersentase menjadi 14 %. Sehingga disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat hubungan sangat lemah antara progam hafalan Al-Qur’an Juz 30 dengan akhlaqul karimah dalam pembelajaran aqidah akhlak kelas IV MI Ad-Dainuriyah Tembalang Semarang. 2) Terdapat hubungan yang signifikan dan hubungan antara pelaksanaan shalat dhuha (X2) dengan akhlaqul karimah (Y). Hal ini berdasarkan nilai dari uji partial (uji t) dengan nilai thitung sebesar nilai dan thitung sebesar 10.483 > t tabel sebesar 1,99773. Kemudian pada uji korelasi (R²) diperoleh nilai 0,059 jika dipersentase menjadi 59 % . Sehingga disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat hubungan cukup kuat antara progam hafalan Al-Qur’an Juz 30 dengan akhlaqul karimah dalam pembelajaran aqidah akhlak kelas IV MI Ad-Dainuriyah Tembalang Semarang. 3) Terdapat hubungan yang signifikan dan hubungannya kuat antara progam hafalan Al-Qur’an Juz 30 (X1) dan pelaksanaan shalat dhuha (X2) dengan akhlaqul karimah (Y). Hal ini berdasarkan nilai dari uji simultan (uji f) dengan F hitung sebesar 56.214 > F tabel sebesar 3,14 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kemudian pada uji korelasi (R²) diperoleh nilai 0,637 jika dipersentase menjadi 63,7 % . Sehingga disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat hubungannya kuat antara progam hafalan Al-Qur’an Juz 30 dan pelaksanaan shalat dhuha dengan akhlaqul karimah dalam pembelajaran aqidah akhlak kelas IV MI Ad-Dainuriyah Tembalang Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Progam Al-Qur'an Juz 30; Pelaksanaan Shalat Dhuha; Akhlaqul karimah; Pembelajaran aqidah akhlak |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 09:39 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 09:39 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18559 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year