Pengaruh metode cooperative script berbantu media komik terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III di MI Al-Hidayah Padengan Lamongan

Nisa’, Khoirotun (2022) Pengaruh metode cooperative script berbantu media komik terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III di MI Al-Hidayah Padengan Lamongan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803096008_Khoirotun Nisa_Lengkap] Text (Skripsi_1803096008_Khoirotun Nisa_Lengkap)
1803096008_Khoirotun Nisa_Full_Skripsi - Khoirotun Nisa_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode cooperative script menggunakan media komik terhadap hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas III di MI Al-Hidayah Padengan Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen Quasi Experimental Design dengan bentuk pretest posttest control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan metode, dokumentasi dan tes. Berdasarkan uji t dalam taraf signifikansi 5 % diperoleh hasil thitung (2,757599) > ttabel (2,024394), yang berarti bahwa H0 ditolak atau terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah adanya perlakuan. Berdasarkan uji korelasi biserial diperoleh hasil rhitung = 0,5477, berdasarkan hasil analisis korelasi determinasi diketahui sebesar KD 29,3%, maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya penggunaan metode cooperative script berbantu media komik berpengaruh terhadap hasil belajar. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode cooperative script berbantu media komik berpengaruh terhadap hasil belajar dengan kontribusi 29,3% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode cooperative script; Komik; Hasil belajar; Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 21 Dec 2022 01:06
Last Modified: 21 Dec 2022 01:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18561

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics