Pengaruh penggunaan media animasi audio visual terhadap keterampilan menyimak cerita fiksi pada siswa kelas IV MI Miftahul Athfal Wonorejo Guntur Demak tahun ajaran 2021/2022
Fadhilah, Suci Nur (2022) Pengaruh penggunaan media animasi audio visual terhadap keterampilan menyimak cerita fiksi pada siswa kelas IV MI Miftahul Athfal Wonorejo Guntur Demak tahun ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1803096016_SUCI NUR FADHILAH_FULL_SKRIPSI - Suci Nur Fadhilah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan menyimak siswa rendah dimana salah satu penyebabnya yaitu penggunaan media belum maksimal yang digunakan oleh guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media animasi audio visual terhadap keterampilan menyimak cerita fiksi pada siswa kelas IV MI Miftahul Athfal Wonorejo Guntur Demak Tahun Ajaran 2021/2022.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu True Experimental Design dengan bentuk desain Pretest-Posttest Control Group. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV A yang terdiri dari 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B yang terdiri dari 25 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode tes dan dokumentasi.
Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan 5 % diperoleh hasil t_hitung (3,684)>t_tabel (2,010). Artinya H_o ditolak dan H_a diterima dapat dikatakan ada perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah adanya treatment. Berdasarkan hasil analisis dua variabel diperoleh r_bis (0,494055)> r_tabel (0,278) dengan taraf signifikan 5 %, maka H_o ditolak dan H_a diterima, memiliki pengaruh sebesar 24,40 %. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media animasi audio visual berpengaruh terhadap keterampilan menyimak cerita fiksi pada siswa dengan kontribusi 24,40 % dan sisanya dipenagruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media animasi; Audio visual; Keterampilan menyimak cerita fiksi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 21 Dec 2022 01:16 |
Last Modified: | 21 Dec 2022 01:16 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18562 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year