Upaya guru dalam mengajarkan prinsip-prinsip Islam moderat kepada peserta didik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Desa Harjowinangun Barat, Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang tahun 2021/2022

Nawawi, Thoriq Azzam (2022) Upaya guru dalam mengajarkan prinsip-prinsip Islam moderat kepada peserta didik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Desa Harjowinangun Barat, Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang tahun 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803096061_Thoriq Azzam Nawawi_Lengkap] Text (Skripsi_1803096061_Thoriq Azzam Nawawi_Lengkap)
1803096061_Thoriq Azzam Nawawi_skripsi full - Thoriq Azzam Nawawi UIN Walisongo(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pengajaran Islam Moderat merupakan salah satu sarana dalam mencegah berkembangnya sikap radikalisme, terorisme, maupun ekstrimisme. Selain mencegah beberapa pemahaman tersebut, Islam Moderat juga banyak mengandung nilai-nilai yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini berfokus dalam menguraikan upaya guru MI dalam mengajarkan prinsip-prinsip Islam Moderat kepada para peserta didik kelas IV di MI Nurul Huda Tersono Batang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. dalam pengumpulan datanya menggunakan studi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Pada penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa upaya yang dilakukan guru MI dalam mengajarkan prinsip Islam Moderat kepada peserta didik kelas IV, yaitu; mengintegerasikan prinsip-prinsip Islam Moderat terhadap mata pelajaran, memberikan ekstrakurikuler pramuka, dan melakukan pembinaan terhadap peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Guru; Peserta didik; Islam moderat
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 21 Dec 2022 01:49
Last Modified: 21 Dec 2022 01:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18565

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics