Peran guru dalam penanaman karakter religius melalui kegiatan keagamaan pada siswa kelas III MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2022/2023

Kusumawati, Winda (2022) Peran guru dalam penanaman karakter religius melalui kegiatan keagamaan pada siswa kelas III MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803096064_Winda Kusumawati_Lengkap] Text (Skripsi_1803096064_Winda Kusumawati_Lengkap)
1803096064_Winda Kusumawati_Full_Skripsi - Winda Kusumawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja bentuk kegiatan keagamaan di MI Darul Ulum dan bagaimana peran guru dalam penanaman karakter religius melalui kegiatan keagamaan pada siswa kelas III MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan, yaitu penelitian yang bermaksud untuk mengetahui fenomena yang terjadi dan diperoleh dari subjek penelitian, seperti perilaku, sikap, pandangan, dan tindakan secara holistik dengan cara deskriptif dalam bentuk kata-kata. Dalam penelitian ini, peneliti terjun secara langsung ke lapangan untuk memperoleh data yang akurat terkait dengan peran guru dalam penanaman karakter religius melalui kegiatan keagamaan vada siswa kelas III MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis, hasil penelitian menunjukan bahwa (1) bentuk kegiatan keagamaan di MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang antara lain: penerapan 5 S (Senyum, Sapa, Salam, Salim, Santun), mengawali dan mengakhiri pembelajaran dengan doa, BTQ, tahfidz Qur’an, shalat dhuha, shalat dhuhur berjamaah, PHBI, dan sedekah menuju surga. (2) Peran guru dalam penanaman karakter religius melalui kegiatan keagamaan yaitu guru sebagai educator, guru sebagai pembimbing, guru sebagai motivator, guru sebagai teladan, guru sebagai supervisor, dan guru sebagai evaluator.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran guru; Karakter religius; Kegiatan keagamaan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 21 Dec 2022 01:56
Last Modified: 21 Dec 2022 01:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18566

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics