Penerapan manajemen dakwah pada TPQ Mafathul Huda Jakenan Kabupaten Pati

Zaenudin, Moh (2021) Penerapan manajemen dakwah pada TPQ Mafathul Huda Jakenan Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1401036137_MOH ZAENUDIN_Skripsi Lengkap] Text (1401036137_MOH ZAENUDIN_Skripsi Lengkap)
1401036137_Moh Zaenudin_LENGKAP TUGAS AKHIR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan manajemen Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Mafatihul Huda Jakenan merupakan cara mengatur sebuah lembaga pendidikan nan formal yang dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi demi tercapainya tujuan Taman Pendidikan Al-qur’an (TPQ). TPQ Mafatihul Huda Jakenan memerlukan adanya pengelolaan untuk mencapai tujuan tersebut. Dalam hal ini TPQ melaksanakan fungsi-fungsi manajemen dalam kegiatan yang akan dilakukan. Untuk memusatkan pengkajian, penelitian ini mengajukan rumusan masalah tentang perencanaan manajeman dakwah pada Taman Pendidikan Al-Qur’an Mafatihul Huda Jakenan Kabupaten Pati dan penerapan manajeman dakwah pada Taman Pendidikan Al- Qur’an Mafatihul Huda Jakenan Kabupaten Pati.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan kualitatif. Data-data dikumpulkan melalui proses wawancara denga pihak terkait manajemen dakwah TPQ Mafatihul Huda Jakenan dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah pola berfikir Milles dan Huberman, yang terdiri dari reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat diketahui bahwa perencanaan dakwah yang dilakukan terhadap TPQ Mafatihul Huda Jakenan belum dikelola dengan maksimal. Peramalan masa depan belum dilaksanakan, pembuatan program kerja hanya fokus pada belajar al-Qur’an. Pelaksanaan dakwah yang dilakukan terhadap kelompok usia sekolah pada TPQ Mafatihul Huda Jakenan sudah terlaksana, namun belum maksimal. Pemberian motivasi, melakukan bimbingan, dilakukan jika ada waktu luang. Adapun penyebab dari kurang efektifnya pelaksanaan dakwah yaitu kurangnya tenaga pengajar dan kesibukan dari masing-masing pengurus atau pengelola.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen dakwah; Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 03 Jan 2023 02:58
Last Modified: 03 Jan 2023 02:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18582

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics