Manajemen pendistribusian dana zakat profesi di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pemalang

Indah, Siti Nur (2021) Manajemen pendistribusian dana zakat profesi di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1701036005_SITI NUR INDAH_Skripsi Lengkap] Text (1701036005_SITI NUR INDAH_Skripsi Lengkap)
1701036005_SitiNurIndah_NaskahLengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini ditulis oleh Siti Nur Indah (1701036005) dengan judul “Manajemen Pendistribusian Dana Zakat Profesi di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pemalang”, Program Strata Satu (S1), Jurusan Manajemen Dakwah UIN Walisongo Semarang. Dalam penelitian ini, berfokus pada manajemen pendistribusian dana zakat yang ada di BAZNAS Kabupaten Pemalang dan menitikberatkan pada pengelolaan zakat profesi, karena zakat profesi menempati posisi pertama terbanyak perolehan dananya. Dan dalam pelaksanaannya, masih ditemui adanya ASN yang terlambat membayarkan zakat, serta sikap mustahik yang kurang mampu memanfaatkan dana bantuan secara efektif. Penelitian ini difokuskan kepada bagaimana BAZNAS Kabupaten Pemalang mendistribusikan dana zakat profesi serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pendistribusian dana zakat profesi di BAZNAS Kabupaten Pemalang.
Jenis penelitian ini merupakan penilitian kualitatif deskriptif, yaitu penulisan yang bertujuan untuk menggambarkan suatu keadaan atau fenomena secara sistematis dan rasional. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber primer dan sekunder. Dengan teknik pengumpulannya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi kepada objek yang akan dikaji. Sedangkan dalam analisisnya, yaitu menggunakan model dari Matwe G. Miles dan Michael Huberman dengan langkah analisis meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclution/verifying).

Hasil penelitian ini menunjukkan manajemen pendistribusian dana zakat profesi BAZNAS Kab. Pemalang sudah menerapkan fungsi-fungsi manajemen seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan juga pengawasan. Dalam pelaksanaannya yang menjadi faktor pendukung pendistribusian dana zakat profesi di BAZNAS Kab. Pemalang adalah dukungan dari pemerintah dan masyarakat, letak kantor BAZNAS yang strategis, juga tersedianya UPZ di tiap instansi yang mempengaruhi perolehan dana serta pendistribusiannya. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat pendistribusian dana zakat di BAZNAS Kab. Pemalang adalah masih banyak ASN yang terlambat membayar zakat, kekurangan SDM dalam kegiatan pendistribusian, serta sikap mustahik yang kurang mampu memanfaatkan dana bantuan secara efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen zakat; Zakat Profesi; BAZNAS
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 03 Jan 2023 03:58
Last Modified: 03 Jan 2023 03:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18601

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics