Penerapan controlling dakwah pada program safari training Majelis Pemulia Jenazah Indonesia (MPJI) DKI Jakarta

Khairunnisa, Lulu (2021) Penerapan controlling dakwah pada program safari training Majelis Pemulia Jenazah Indonesia (MPJI) DKI Jakarta. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1701036038_LULU KHAIRUNNISA_Skripsi Lengkap] Text (1701036038_LULU KHAIRUNNISA_Skripsi Lengkap)
1701036038 LULU KHAIRUNNISA LENGKAP TUGAS AKHIR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penerapan fungsi Controlling pada program safari training Majelis Pemulia Jenazah Indonesia (MPJI) DKI Jakarta. Controlling berlangsung sejak program MPJI dimulai sampai akhir pelaksanaan. Program safari Training yang dimiliki MPJI merupakan program syiar mengenai fardhu kifayah dari lembaga ke lembaga.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode pendekatan deskriptif. Pendekatan deskriptif, merupakan suatu metode penelitian yang lebih menggambarkan data yang ada atau keadaan subjek serta objek penelitian seperti seseorang, lembaga, masyarakat dan lain sebagainya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Controlling dakwah pada program safari training MPJI cukup baik dan masih terdapat kekurangan karena MPJI hingga saat ini masih berusaha mengembangkan juga menyempurnakan sisi dari fungsi keseluruhan manajemen. Dalam proses manajemen MPJI, ketua sebagai pemegang kontrol atau kendali telah melaksanakan perannya dengan sangat baik sehingga team MPJI dapat menyatukan keseluruhan visi misi dan tujuan kedalam setiap kegiatan dengan hasil yang maksimal. MPJI terbukti menerapkan fungsi Controlling dengan baik karena mereka sadar bahwasanya tindakan koreksi dapat dilakukan jika dalam proses pelaksanaan program dipandang perlu melakukannya terutama apabila terjadi ketidak sesuaian pelaksanaan program dengan rencana.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Controlling dakwah; Manajemen dakwah; Training; Majelis taklim
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 03 Jan 2023 04:04
Last Modified: 03 Jan 2023 04:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18614

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics