Manajemen masjid dalam memberikan pelayanan jamaah di Masjid Agung Baitul Makmur Purwodadi Grobogan : studi bidang idarah, imarah, dan ri’ayah
Rahayu, Heni Puji (2021) Manajemen masjid dalam memberikan pelayanan jamaah di Masjid Agung Baitul Makmur Purwodadi Grobogan : studi bidang idarah, imarah, dan ri’ayah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
REVISI HENI PUJI RAHAYU 1701036045.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Heni Puji Rahayu 1701036046. Penelitian ini berjudul Manajemen Masjid Dalam Memberikan Pelayanan Jamaah di Masjid Agung Baitul Makmur Purwodadi Grobogan. Masjid merupakan pusat kegiatan ibadah bagi umat islam, kegiatan ibadah disisni memiliki arti luas, tidak hanya terbatas pada kegiatan ibadah sholat dan mengaji. Dalam aspek peran dan fungsi masjid yang memiliki cangkupan yang luas yaitu manajemen Imarah, Ri’ayah dan Idarah, tidak semua masjid mampu menerapkan fungsi masjid sesuai dengan semestinya, fungsi masjid untuk melayani Jamaah dengan baik dan secara maksimal, maka dari itu dalam Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen masjid dalam melayani jamaah di Masjid Agung Baitul Makmur Purwodadi Grobogan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Masjid Agung Baitul Makmur menggunakan fungsi Manajemen yaitu Planning yaitu merencanakan semua kegiatan, program sesuai dengan bidang Imarah, Idarah, dan Ri’ayah, dan waktu pelaksanaan kerja dan menetapkan tujuan, Organizing yaitu dengan menyusun pengurus sesuai dengan kemampuan dan bidangnya masing-masing, kepengurusan Masjid Agung Baitul Makmur di pilih langsung oleh yayasan Masjid Agung Baitul Makmur Purwodadi Grobogan, Actuating yaitu ketua takmir memberikan motivasi, pengikut sertaan dalam pengambilan keputusan, menciptakan suasa yang menyenangkan dan memberikan rasa nyaman agar para pengurus lebih rilek dalam bekerja serta memberikan dorongan kepada para anggota agara bekerja dengan baik dan benar agar tercapainya tujuan, Controlling yaitu dengan mengawasi kinerja para anggota dan melakukan evaluasi setelah pelaksanaan program.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen masjid; Pelayanan jamaah |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places (Masjid). Pilgrims (Haji, Umrah) 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD) |
Depositing User: | Ana Afida |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 04:07 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 04:07 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18615 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year