Evaluasi dakwah dalam kegiatan santri rindu rosul (Sariro) Pondok Pesantren Al-Muayyad Mangkuyudan Surakarta

Shoviati, Siti Nurus (2021) Evaluasi dakwah dalam kegiatan santri rindu rosul (Sariro) Pondok Pesantren Al-Muayyad Mangkuyudan Surakarta. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1701036054_SITI NURUS SHOVIATI_Skripsi Lengkap] Text (1701036054_SITI NURUS SHOVIATI_Skripsi Lengkap)
SITI NURUS SHOVIATI 1701036054 REVISI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang setiap pelaksanaan sebuah kegiatan dibutuhkan sistem evaluasi. Evaluasi adalah sebuah proses penilaian, dimana terjadinya pengukuran terhadap efektifitas rencana dalam sebuah program yang hasil akhirnya akan dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan dan dijadikan rancangan atau standarisasi untuk melakukan sebuah kegiatan selanjutnya. Begitu juga dengan kegiatan pelaksanaan Santri Rindu Rosul (SARIRO), kegiatan ini membutuhkan sistem evaluasi untuk mencari penyebab dari berbagai masalah yang timbul dan mengatasi semua masalah serta merancang sebuah gagasan atau solusi agar saat pelaksanaan Santri Rindu Rosul kedepannya dapat berlangsung sesuai harapan yang telah ditentukan. Pondok pesantren Al-Muayyad merupakan pondok pesantren tertua dikota Solo. Pondok pesantren ini dikenal sebagai pondok Al-Qur’an, selain kegiatan keagamaan pondok pesantren ini juga memiliki pendidikan formal maupun non formal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan Santri Rindu Rosul (SARIRO) Pondok Pesantren Al-Muayyad Mangkuyudan Surakarta dan evaluasi dakwah dalam kegiatan Santri Rindu Rosul (SARIRO) Pondok Pesantren Al-Muayyad Mangkuyudan Surakarta.
Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan Santri Rindu Rosul (SARIRO) Pondok Pesantren Al-Muayyad Mangkuyudan Surakarta? 2) Bagaimana evaluasi dakwah dalam kegiatan Pondok Pesantren Al-Muayyad Mangkuyudan Surakarta?.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data dapat diperoleh dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dari hasil penelitian ini dapat dikumpulkan dan kemudian di analisis dengan teknik analisis data yang meliputi reduksi data, tahap penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan dakwah dalam kegiatan Santri Rindu Rosul (SARIRO) ini diselenggarakan di serambi masjid dan halaman sekitar Pondok Pesantren Al-Muayyad. Kegiatan yang dilakukan setiap satu bulan sekali, kegiatan yang memiliki susunan acara yang begitu banyak. (2) evaluasi dakwah dalam kegiatan Santri Rindu Rosul (SARIRO) dapat dilakukan sesuai langkah-langkah evaluasi yang ada dengan tujuan untuk memperlancar kegiatan agar kegiatan tersebut dapat berjalan sesuai rencana dan memberikan hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Evaluasi dakwah; Santri; Pondok Pesantren; Rindu Rosul
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 03 Jan 2023 04:06
Last Modified: 03 Jan 2023 04:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18617

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics