Persepsi dosen UIN Walisongo Semarang tentang standarisasi da’i Kemenag RI dalam rangka deradikalisasi

Sekarsari, Sekarsari (2021) Persepsi dosen UIN Walisongo Semarang tentang standarisasi da’i Kemenag RI dalam rangka deradikalisasi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1701036055_SEKARSARI_Skripsi Lengkap] Text (1701036055_SEKARSARI_Skripsi Lengkap)
Sekarsari_1701036055_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (912kB)

Abstract

Kehadiran standarisasi da’i sebagai terobosan Kementerian Agama Republik Indonesia menjadi bentuk sinyal dan langkah dalam merespon kemunculan penceramah-penceramah yang menyampaikan dakwah tanpa membawa kesejukan, kedamaian dan kerukunan. Selain daripada maksud yang disampaikan oleh sang pencetus, Lukman Hakim Saefudin apakah memang hanya sebatas menertipkan da’i yang dinilai belum memenuhi kompetensi standar dalam berdakwah? Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang menyematkan nama sang penyebar agama Islam di tanah Nusantara, tentunya nilai kebangsaan juga tersemat pada tiap tenaga pendidiknya. Oleh sebab itu persepsi yang disampaikan mampu membangun wacana baru tentang wawasan standarisasi da’i.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan utama para dosen UIN Walisongo Semarang menolak atau menerima wacana standarisasi da’i Kemenag RI dan Mengetahui alternatif program yang ditawarkan oleh para dosen UIN Walisongo Semarang. Jenis penelitian skripsi, yaitu kualitatif dengan menyajikan purposive dan snowball sebagai bagian dari teknik penentuan informan. Lalu menggunakan wawancara semi terstruktur serta dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data yang hasilnya kemudian direduksi menjadi hasil pembahasan dari skripsi ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa standarisasi da’i tidak hanya sebatas pada kebijakan yang dicoba untuk ditawarkan oleh Kemenag RI dalam menciptakan kualitas da’i yang mumpuni. Lewat analisis persepsi yang diutarakan dosen UIN Walisongo Semarang, menyiratkan bahwa standarisasi da’i merupakan sebuah langkah deradikalisasi dengan menjadikan da’i sebagai bagian penting didalamnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Standarisasi da’i; Kemenag RI; Deradikalisasi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 03 Jan 2023 04:08
Last Modified: 03 Jan 2023 04:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18618

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics