Pengaruh penerapan metode dontextual teaching and learning terhadap hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran fiqih materi shalat fardhu kelas II di MIN I Kendal

Awaliyyah, Liza Lu’lu’ah (2022) Pengaruh penerapan metode dontextual teaching and learning terhadap hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran fiqih materi shalat fardhu kelas II di MIN I Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803096100_LIZA LU_LU_AH AWALIYYAH_Lengkap] Text (Skripsi_1803096100_LIZA LU_LU_AH AWALIYYAH_Lengkap)
1803096100_LIZA LU_LU_AH AWALIYYAH_FULL_SKRIPSI - Liza Lu_lu.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran fiqih materi shalat fardhu kelas II MIN 1 Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui metode tes, observasi dan dokumentasi. Metode tes menggunakan tes soal pilihan ganda yang berjumlah 10 soal. Analisis data penelitian ini uji t Paired sample, selanjutnya data diolah dengan rumus N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa terhadap pengaruh penerapan metode Contextual Teaching and Learning melalui pretest nilai terendah 10 dan tertinggi 60 dengan nilai rata-rata 33,23. Artinya dengan menggunakan metode contextual teaching and learning mengalami peningkatan hasil belajar dengan kategori cukup efektif. Sedangkan setelah menggunakan CTL (posttest) nilai terendah 60 dan tertinggi 100, dan nilai rata-rata yaitu 81,93. Terdapat pengaruh penerapan metode Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa yang menunjukkan bahwa nilai t hitung adalah sebesar 11,14601 dan t tabel sebesar 2,000298 Jika t hitung > t tabel maka Ha diterima, yang berarti adanya perbedaan yang signifikan. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak, artinya rata-rata nilai Fiqih sebelum dan sesudah menggunakan metode Contextual Teaching and Learning adalah berbeda. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa metode Contextual Teaching and Learning mempengaruhi nilai siswa pada mata pelajaran Fikih materi shalat fardhu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode CTL; Hasil belajar kognitif; Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 22 Dec 2022 03:04
Last Modified: 22 Dec 2022 03:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18626

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics