Peran takmir dalam meningkatkan kegiatan keagamaan di Masjid Baitul Muslimin Banjaran Semarang

Ma`arif, Syamsul (2021) Peran takmir dalam meningkatkan kegiatan keagamaan di Masjid Baitul Muslimin Banjaran Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1801036077_SYAMSUL MA`ARIF_Skripsi Lengkap] Text (1801036077_SYAMSUL MA`ARIF_Skripsi Lengkap)
1801036077_SYAMSUL_MA_ARIF_FULL_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Syamsul Ma’arif (1801036077) “Peran takmir Dalam Meningkatkan Kegiatan Keagamaan Di Masjid Baitul Muslimin Banjaran Semarang”. Penelitian ini dilatar belakangi tentang takmir masjid yang merupakan organisasi yang mengurus seluruh kegiatan yang ada kaitannya dengan masjid baik dalam membangun, merawat maupun memakmurkannya, termasuk juga usaha usaha pembinaan remaja muslim di sekitar masjid. Masjid baitul muslimin yang tertelah di Dukuh Banjaran adalah salah satu masjid yang mempunyai banyak kegiatan keagamaan, maka dari itu bagaimana peran takmir untuk membentuk dan menjalankan kegiatan di masjid baitul muslimin dengan kondisi masyarakat di Dukuh Banjaran dan mendapatkan dukungan penuh masyarakat Dukuh Banjaran untuk menjalan kegiatan keagamaan tersebut, untuk meneliti hal tersebut peneliti membuat rumusan masalah: Bagaimana Peran Takmir dalam Meningkatkan Kegiatan Keagamaan di Masjid Baitul Muslimin Banjaran Semarang. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Bagaimana Peran Takmir dalam Meningkatkan Kegiatan Keagamaan di Masjid Baitul Muslimin Banjaran Semarang.
Penelitian menggunakan penelitian kualitatif.Teknik pengumpulan data berupa interview, observasi dan dokumentasi. Sumber dan jenis data penelitian yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data dengan teknik pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Memelihara masjid yaitu Pertama, memelihara bangunan. Kedua, kerja bakti perlengkapan, konsumsi, pembagian tugas. Ketiga, memelihara suasana masjid. Keempat, memelihara masjid di waktu malam.(2) Pemersatu umat islam yaitu membantu menyelesaikan masalah dan menemukan solusi tanpa merugikan salah satu pihak. Seperti: penyelesaian masalah penentuan imam masjid baitul muslimin, solusi untuk waktu berdzikir setelah shalat, menginovasi kegiatan budaya budha dengan syariat Islam. (3) Menghidupkan semangat musyawarah (4) Membentengi aqidah umat (5) Membangun solidaritas jamaah yaitu Pertama, kerja bakti seperti: membersihkan jalan, parit-parit, rerumputan,dan lain-lain. Kedua, perkumpulan remaja masjid seperti: membentuk pelatihan rebana untuk anak-anak. Ketiga, gotong royong. Keempat, kerjasama. Kelima, panitia acara. Keenam,santunan fakir miskin dan yatim piatu. Ketujuh, menjenguk orang sakit. (6) Menyelenggarakan kegiatan keagamaan yaitu Pertama, Idul Adha diperingati setiap 10 Dzulhijah. Kedua, Idul Fitri diperingati setiap tanggal 1 Syawal. Ketiga, 1 Muharram yaitu tahun baru Islam. Keempat, Maulid Nabi diperingati setiap 12 Rabi’ul Awwal. Kelima, Hari Asyura diperingati setiap tanggal 10 Muharram. Keenam, Isra’ Mi’raj diperingati setiap tanggal 27 Rajab. Ketujuh, Nuzulul Qur’an diperingati setiap tanggal 17 Ramadhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran Takmir; Masjid; Kegiatan Keagamaan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 03 Jan 2023 06:31
Last Modified: 03 Jan 2023 06:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18649

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics