Analisis buku teks fisika dasar 1 menggunakan paradigma kesatuan ilmu pengetahuan

Nurafifah, Sofrina Dyan (2022) Analisis buku teks fisika dasar 1 menggunakan paradigma kesatuan ilmu pengetahuan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503066029_Sofrina_Dyan_Nurafifah] Text (Skripsi_1503066029_Sofrina_Dyan_Nurafifah)
Skripsi_1503066029_Sofrina_Dyan_Nurafifah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis buku teks fisika dasar 1 menggunakan paradigma kesatuan ilmu pengetahuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kesatuan ilmu pengetahuan dan menganalisis cara yang digunakan oleh penulis dalam memunculkan strategi-strategi kesatuan ilmu pengetahuan pada buku teks fisika dasar 1 karya Hamdan Hadi Kusuma. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan jenis studi kepustakaan. Sumber data berasal dari buku teks fisika. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis dokumen, dokumen yang dimaksudkan ialah buku fisika dasar 1. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian analisis menggunakan paradigma kesatuan ilmu pengetahuan dari ketiga strategi menunjukkan bahwa strategi dalam buku teks “Fisika Dasar 1” karya Hamdan Hadi Kusuma terdapat dua strategi yaitu humanisasi ilmu-ilmu keislaman dan spiritualisasi ilmu-ilmu modern. Kedua strategi tersebut terdapat cara yang digunakan oleh penulis meliputi pemanfaatan prestasi ilmu pengetahuan terkait dalam memahami ajaran, relevantisasi ajaran dengan permasalahan kemasyarakatan, ayatisasi, dan fusi filosofis. Berdasarkan klasifikasi strategi pada setiap materi pada buku teks tersebut, dapat disimpulkan bahwa keenam materi dalam buku teks sudah menyampaikan dari tiga strategi paradigma kesatuan ilmu pengetahuan. Akhirnya, hasil penelitian ini diharapkan bagi penulis buku teks fisika untuk menyampaikan strategi paradigma kesatuan ilmu pengetahuan secara keseluruhan sehingga pemahaman terkait paradigma kesatuan ilmu pengetahuan bisa menyeluruh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Buku teks; Fisika dasar; Kesatuan ilmu pengetahuan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 28 Dec 2022 06:37
Last Modified: 28 Dec 2022 06:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18654

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics