Pengembangan four-tier diagnostic test berbasis keterampilan proses sains untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada materi redoks

Nurlita, Safira (2022) Pengembangan four-tier diagnostic test berbasis keterampilan proses sains untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada materi redoks. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808076026_Safira_Nurlita] Text (Skripsi_1808076026_Safira_Nurlita)
Skripsi_1808076026_Safira_Nurlita.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

SMA Negeri 1 Jakenan merupakan salah satu sekolah yang belum pernah melakukan tes diagnostik untuk menganalisis terkait pemahaman konsep siswa. Selama ini, belum ada guru yang melakukan diagnosa siswa yang paham konsep, tidak paham konsep, dan miskonsepsi. Hal ini diperlukan sebagai bahan evaluasi guru dalam mengukur sejauh mana tingkat pemahaman konsep siswa terhadap materi yang dipelajarinya. Pada penelitian ini, peneliti mengembangkan instrumen four-tier diagnostic test berbasis keterampilan proses sains dengan bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi redoks. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Develompement (R&D). Subjek uji coba skala kecil yaitu siswa kelas XI MIPA 2 dan subjek uji skala luas yaitu siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Jakenan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil uji validitas menunjukkan nilai indeks Aiken’s V lebih dari 0,80 dinyatakan valid. Uji reliabilitas instrumen yang dikembangkan dinyatakan reliabel dengan nilai 0,811. Instrumen tes terdiri dari 2 soal mudah, 25 soal sedang, dan 3 soal sukar. Instrumen tes mempunyai daya pembeda dengan kategori cukup, baik, dan sangat baik. Miskonsepsi siswa pada materi redoks secara keseluruhan yaitu sebesar 70%. Pada materi redoks terdapat 8 sub materi yang terindetifikasi miskonsepsi antara lain pada sub materi reaksi oksidasi sebesar 62%, reaksi reduksi sebesar 63%, bilangan oksidasi sebesar 65%, reaksi redoks sebesar 77%, reaksi autoredoks sebesar 79%, reduktor sebesar 73%, oksidator sebesar 73%, dan tatanama senyawa sebesar 77%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Four-Tier Diagnostic Test; Keterampilan Proses Sains; Miskonsepsi; Redoks
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 28 Dec 2022 06:44
Last Modified: 11 Jul 2024 03:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18659

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics