Analisis miskonsepsi siswa dengan menggunakan four-tier certainly of response index pada materi asam basa
Solikhin, Aldi Imam (2022) Analisis miskonsepsi siswa dengan menggunakan four-tier certainly of response index pada materi asam basa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1808076040_Aldi_Imam_Solikhin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Asam basa merupakan materi yang sulit dan sering mengalami miskonsepsi. Miskonsepsi adalah suatu struktur kognitif yang dimiliki siswa namun berbeda dengan konsep ilmiah. Miskonsepsi jika dibiarkan akan berdampak buruk dalam proses pembelajaran. Sehingga perlu dilakukan identifikasi miskonsepsi siswa dan faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa dan faktor penyebab miskonsepsi pada materi asam basa. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini sebanyak 33 siswa dengan teknik sampling purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa: tes diagnostik four-tier CRI, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan interpretasi hasil four-tier diagnostic test dan analisis angket. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa persentase yang mengalami miskonsepsi 56,42%, siswa paham konsep 5,63% dan kurang paham konsep 37,95% sedangkan faktor yang menyebabkan miskonsepsi antara lain: siswa, guru, metode belajar, kesalahan konteks mengajar dan buku teks. Persentase masing-masing faktor sebesar: siswa 70,30%, guru 13,33%, metode belajar 43,64%, kesalahan konteks mengajar 44,24% dan buku 41,82%. Hasil dari penelitian ditemukan bahwa masih banyak siswa yang mengalami miskonsepsi, sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Certainly of Response Index; Four-tier diagnostic test; Miskonsepsi; Asam basa |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 546 Inorganic chemistry |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Tiara Muna |
Date Deposited: | 28 Dec 2022 06:54 |
Last Modified: | 28 Dec 2022 06:54 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18674 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year