Desain petunjuk praktikum larutan asam basa berbasis PBL (Problem Based Learning) berorientasi green chemistry

Sundusiyah, Asfiyatus (2022) Desain petunjuk praktikum larutan asam basa berbasis PBL (Problem Based Learning) berorientasi green chemistry. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808076046_Asfiyatus_Sundusiyah] Text (Skripsi_1808076046_Asfiyatus_Sundusiyah)
Skripsi_1808076046_Asfiyatus_Sundusiyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Green chemistry merupakan suatu konsep yang mendesain proses atau produk dengan mengurangi penggunaan zat kimia berbahaya guna mengurangi pencemaran lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk berupa petunjuk praktikum berbasis Problem Based Learning (PBL) berorientasi green chemistry pada materi asam basa kelas XI. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D yang meliputi tahap Define, Design, dan Develop dengan subjek penelitian uji coba skala kecil 9 peserta didik. Kualitas petunjuk praktikum dinilai berdasarkan validasi ahli dan respons peserta didik. Hasil uji validasi petunjuk praktikum oleh ahli materi dan ahli media mendapatkan kategori sangat valid dengan nilai validitas berturut-turut sebesar 0,95 dan 0,94. Hasil analisis respons peserta didik terhadap petunjuk praktikum mendapatkan kategori sangat baik (SB) dengan persentase sebesar 89%. Karakteristik petunjuk praktikum hasil pengembangan disusun berdasarkan sintaks pembelajaran PBL yang menyajikan permasalahan di sekitar dan memuat green chemistry. Dari data validasi ahli dan respons peserta didik, maka petunjuk praktikum berbasis PBL berorientasi green chemistry pada materi asam basa yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Asam basa; Green chemistry; Petunjuk praktikum; Problem Based Learning (PBL)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 546 Inorganic chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 28 Dec 2022 06:55
Last Modified: 28 Dec 2022 06:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18675

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics